Index kembali melemah hingga 65 point atau melemah 1.31% dari perdagangan sebelumnya, dan terjadi di semua sektor yang ada di Index, dengan di pimpin oleh sektor Finance yang melemah 1.97% dan juga basic industry yang melemah 2.5%, dengan menguatnya USD index membuat Rupiah melemah dan asing keluar sebesar sebanyak 632B dimana di dominasi oleh sektor finance sebesar 494B.

Sektor Mover IHSG Selasa 22 September 2020
Detail Market Summary Selasa 22 September 2020

USD Index Menguat Sektor Apa Yang Di Untungkan?

Dengan menguatnya USD Index akan menyebabkan rupiah melemah dan ternyata hal ini ditunggu oleh beberapa sektor yang di untungkan oleh pelemahan rupiah tersebut, kenapa demikian? Karena beberapa sektor tersebut melakukan Ekspor dimana mereka menggunakan mata uang asing sebagai acuan dari harga ekspor tersebut, sektor tersebut adalah MINING dan AGRI. Kedua sektor ini rata-rata melakukan ekspor ke luar negri dan menggunakan mata uang asing sebagai acuan harganya.

Analisa daily chart Rupiah

Sentimen positif dari pelemahan rupiah nampak belum membentuk distribusi dari investor pasar modal indonesia dan masih membuat sektor mining melemah 1,18% walau demikian kita tau bahwa market mover dari sektor ini di dominasi oleh perusahaan yang berbasis COAL dimana harga coal masih mengalami rally.

Analisa daily chart saham MINING

Sektor AGRI adalah sektor kedua yang harusnya terkena imbas dari pelemahan dari nilai tukar rupiah, akan tetapi sektor ini adalah sektor yang kurang diminati, karena kurang beragamnya pilihan saham yang dimiliki oleh sektor ini, dengan mengacu perdagangan kemarin transaksi sektor ini hanya 95B sangat rendah dari sektor-sektor lainnya seperti misc industry 253B menempati ranking 2 terbawah dari ranking besaran transaksi. Dengan kurangnya diminati membuat sektor ini terkadang jarang dilihat oleh para investor.

Analisa daily chart saham AGRI

USD Index Menguat Membuat IHSG Melemah

Penguatan USD index membuat banyak komodity melemah serentak dikarenakan banyak acuan harga komodity menggunakan USD, hal ini membuat banyak saham-saham yang terkait komodity melemah kecuali komodity COAL yang terus mengalami penguatan, dan dengan di konfirmasinya oleh Sri Mulyani terkait Resesi juga membuat IHSG lompat ke zona merah dan tutup melemah tajam hingga fibo 61.8%, walau sempat menguat akan tetapi IHSG close di zona merah. Support berikutnya IHSG ada di 4820-4754.

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini : BOGA SSIA TPIA RALS HRUM ADRO ITMG AALI LSIP

Tone dan Manner Hari Ini :
1. USD Index Menguat
2. Coal masih mengalami penguatan
3. Rupiah melemah

Support – Resisten : 4754- 5187

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *