Ketika krisis berlangsung, kondisi bagus dan jelek terjadi silih berganti. Saya sebenarnya mempersiapkan tulisan ketika IHSG terlihat kuat diatas resisten 5.456 tadi. Tapi begitu berita Jokowi umumkan Korban Corona Virus (COVID19), pemodal lokal terlihat panik dan melakukan posisi jual. IHSG di akhir sesi pertama ini ditutup pada level 5.397 jauh banget dibawah resisten 5.456 yang tadi sempat diuji. Bagaimana pergerakan IHSG sesi kedua nanti? Saya juga tidak tahu. Yang jelas saya cuma bullish kalau IHSG bisa lewat resisten 5.456. Jika tidak.. ya jangan lupa lah.. IHSG kan memang masih punya target bawah di 5100 – 5200. Jika gagal ditutup diatas 5.456 berarti IHSG masih berada dalam trend turun. Ini namanya IHSG masih dead cat bounce kalau dalam trend turun ada kenaikan sementara. Kita bisa lupakan saja target-target naik IHSG yang saya sebut setelah alinea ke 2.

Pada hari Sabtu yang lalu, kita sudah sempat ngobrol sedikit mengenai potensi Dead Cat Bounce pada indeks Dow Jones Industrial (^DJI).

Hingga pagi – siang hari ini, sentimen positif dan negatif memang masih datang silih berganti. Tapi setidaknya, hingga jam 10.36 pagi hari ini, IHSG terlihat kuat diatas R1 5456. Dow Futs juga naik sekitar 300 poin (+1,18%) dan Hang Seng terlihat juga mulai running diatas R1 26313 – 26416. Indeks Hang Seng bakal bottoming jangka pendek (mengakhiri trend turun jangka pendek) jika mampu ditutup menembus gap tersebut. Dengan kata lain: jika HSI ditutup diatas 26416, kita harus bersiap akan terjadinya bottoming pada IHSG juga.

Sekarang pertanyaannya begini: Jika IHSG kemudian mengalami trend naik jangka pendek, kemana arah dari pergerakan IHSG?

Proyeksi Kekuatan Dead Cat Bounce-nya IHSG

Begini.. IHSG kalau trend jangka pendeknya berubah menjadi trend naik.. itu sepertinya IHSG memang masih dalam kerangka Dead Cat Bounce juga.. sama dengan Dead Cat Bounce pada indeks Dow Jones Industrial. Dead Cat Bounce ini berarti ‘kenaikan terjadi karena penurunan sudah terjadi terlalu buruk’ bukan berarti ‘kenaikan terjadi karena kondisi buruk sudah berakhir’ atau bukan juga berarti ‘kenaikan terjadi karena ada sesuatu yang positif yang sudah terjadi’.

Dari gambar diatas bisa kita lihat ada 3 buah resisten yang berpotensi menjadi target jika IHSG mengalami Dead Cat Bounce.

  • Yang Pertama adalah ret 50% di level 5625.
  • Yang Kedua adalah resisten di sekitar level psikologis 5.700 (kisarajn 5690 – 5710).
  • Yang Ketiga adalah gap di kisaran 5811 – 5873.

So.. dari ketiga target tersebut.. mana yang menjadi Target Utamanya? Kita lihat sesi kedua nanti deh. Yang jelas begini: IHSG baru arah ke atas jika hari ini close diatas 5.456. Kalau ternyata gagal ditutup naik.. yawdah.. berarti sepertinya kita memang bakal ngejar target 5100-5200 dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *