Perdagangan di bursa kemarin relatif sepi dan berlangsung volatile. Sempat sentuh level terendah 4862 terimbas kondisi global, namun terjadi rally rebound di sesi 2. Index akhirnya ditutup turun tipis -2,27 point ke level 4901. Seperti ikuti pola naik turun bergantian dalam rentang konsolnya maka hari ini diharapkan menjadi giliran IHSG untuk naik. Ada dua katalis positif : rally Wall Street dan potensi windows dressing akhir kuartal II. Sanggupkah IHSG naik dan break level MA20 nya kembali ?

Perdagangan kemarin berakhir mixed secara sektoral. 4 sektor alami penguatan dan 5 lainnya terkoreksi. Sektor FINANCE dan TRADE menjadi penopang index ditengah tekanan sektor MISC-IND  AGRI dan PROPERTY yang turun lebih dari -1%. Value perdagangan relatif sedikit hanya 5.3 trilyun dengan 68.45 juta lot saham diperdagangkan. Ada 154 saham naik dan 251 saham yang turun .

Detail Market Summary 29 Juni 2020

ICBP Kembali Masuk Dalam Top 10 Index Mover Bersama dengan SMMA

Dari 10 saham unggulan : 5 alami kenaikan dan 5 alami koreksi. Kenaikan saham BBCA dan BBRI mampu bawa sektor FINANCE menguat +0.36%. Apalagi ada perubahan susunan klasemen di ranking 9-10. Walaupun tidak terlalu likuid saham SMMA masuk ke jajaran elit Top 10 mover gusur BRPT. Saham ICBP yang menguat dalam 2 hari pasca breakout level resisten 9250 kini berada di ranking 10.

Analisis Daily Chart Saham ICBP
Top 15 Index Mover

Perbaikan ranking ICBP tidak terlepas dari masih tingginya aktivitas beli asing di saham perusahaan mie instan milik Salim Group. Di tengah lanjutan aksi jual asing di pasar regular yang capai -568 milyar, duo Indofood malah mendapatkan inflow. Besaran net buy asing di saham ICBP kemarin +22 milyar dan pada saham INDF +14 milyar.  Sayangnya masih terjadi outflow yang besar di saham TLKM dan BMRI yang menekan dua saham BUMN ini. TLKM jelang bagi dividen justru malah dihindari oleh asing. Kemarini masih terjadi aksi jual bersih hingga -124 milyar. Total selama bulan Juni 2020 dana asing yang keluar dari TLKM mencapai -2,7 trilyun.

Net Sell Asing 1-29 Juni 2020

Wall Street Melejit Ditopang oleh Saham Boeing dan Apple

Membuka awal pekan, 3 indeks utama Wall Street melejit. DOW naik +580 point ke level 25595, mencoba recover dari koreksi -700 point di hari Jumat. S&P 500 naik +1.47% dan NASDAQ terapresiasi +1.2%. Kenaikan signifikan saham Boeing dan Apple yang merupakan komponen top 10 dari DOW mover membuat market hijau pekat.

Top 10 Market Mover di DJIA 30 Component (Sumber SlickChart)

Saham Boeing naik +14.4% setelah ada kepastikan kick start untuk proses sertifkasi terbang pesawat Boeing 737 MAX kembali dilakukan oleh FAA. Produksi dan distribusi pesawat ini dihentikan sementara. Bahkan ratusan yang sudah beroperasi terpaksa digrounding setelah kecelakaan fatal LionAir dan Ethiopia Air tewaskan 346 orang di  tahun 2019. Naiknya saham Apple +2.3% juga menjadi booster untuk DOW apalagi perusahaan ciptaan Steve Jobs ini punya kontribusi 9.27% terhadap perhitungan index DJIA.

Kasus  COVID belum mereda di Amerika dan telah tularkan lebih dari 2.6 juta orang. Banyak negara bagian besar seperti California, Florida dan Texas yang alami lonjakan kasus baru dalam sehari. Ini membuat keputusan untuk pembukaan ekonomi sementara waktu alami rollback. Masih tingginya angka jobless membuat recovery di sektor tenaga kerja masih akan berlangsung cukup lama. Bahkan The FED Chairman nyatakan jalur pemulihan ekonomi Amerika masih penuh ketidakpastian. Usaha penanganan pandemi yang terus dilakukan berlomba dengan aktivitas ekonomi : pembukaan kembali bisnis, proses rehiring pegawai dan peningkatan konsumsi masyarakat.

Akhir Kuartal II Potensi Window Dressing Saatnya Index Kembali Uji Level MA20

Dalam perdagangan kemarin IHSG berhasil reject dua area support : inside bar dan horizontal support 4879. Bahkan candle pun sudah mendekati level support 4852 setelah sempat berada di lowest intraday 4862-nya. Bentukan candle yang doji dengan lower shadow tandakan ada kekuatan menolak index turun dan tetap berada dalam rentang konsolidasi 4879 – 4978.

Analisis Daily Chart IHSG

Dalam perdagangan kemarin IHSG berhasil reject dua area support : inside bar dan horizontal support 4879. Bahkan candle pun sudah mendekati level support 4852 setelah sempat berada di lowest intraday 4862-nya. Bentukan candle yang doji dengan lower shadow tandakan ada kekuatan menolak index turun dan tetap berada dalam rentang konsolidasi 4879 – 4978.

Sentimen global yang positif serta posisi kanguru (naik turun bergantian) menjadi harapan bahwa hari ini index akan menguat di awal perdagangan. Posisi ini dapat dijadikan oleh lakukan take profit day trading saham saham yang kemarin sudah dibeli dan hold. Index akan mencoba untuk break resisten EMA7 MA20 4912-4926 hari ini. Harapannya di bulan Juli akan melanjutkan minor uptrend nya kembali dengan posisi candle berada diatas 2 moving average line pendek.

Beberapa saham yang dapat diperhatikan untuk fast trading hari ini adalah : WOOD AKRA BBNI BBTN PWON BRPT BTPS BULL PTPP PGAS JPFA LPPF TKIM SCMA INKP MEDC ELSA

Tone dan Manner Hari Ini :  Tutup Kuartal II IHSG Potensi Uji Resisten MA20

Support – Resisten  : 4800 – 4968

Info SAHAMOLOGY

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di aplikasi TETRA SAHAM. Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget, mumpung ada promo menjadi Rp 80,000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi.

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading. Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham

******

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *