Tadi siang sudah sempat saya ingatkan,target awal IHSG memang ada di kisaran 5100 – 5200. Sore hari ini, sudah ditutup padap level 5.136,81, setelah mengalami koreksi sebesar 361,731 poin (-6,579 persen).

Pertanyaannya sekarang adalah; setelah Target awal tersebut tercapai. IHSG mau kemana?

Titik Terendah hari ini akan menjadi bottom, JIKA …

Bottom atau titik terendah dari sebuah trend turun itu, baru dikatakan sebagai bottom, apabila bottom itu sudah terlewati. Dengan kata lain, kalau sudah terjadi trend reversal, kalau trend turun yang sekarang sedang terjadi sudah berakhir menjadi trend naik, baru titik terendah tersebut disebut sebagai bottom. Masalahnya: orang kan suka menebak-nebak.. kira-kira .. bottomya dimana ya?

Titik terendah IHSG pada pergerakan hari ini ada di level 5.133,13, Level ini akan menjadi bottom JIKA besok IHSG mampu ditutup diatas resisten pertama (R1) di level 5.265.

Pak.. emang bisa lowest hari ini menjadi bottom? Dow Futs kan minus lebih dari 1.200 poin? Yang turun itu kan Dow Futs… penyebabnya juga perang harga minyak antara Arab dengan Rusia. Kondisi yang emosional seperti ini, terkadang belum tentu kejadian juga. Kalau ternyata Dow Jones Industrial (DJI) nanti malam koreksinya dibawah 500 poin misalnya, bisa saja besok IHSG mengalami rebound yang cukup besar.

Dua Alternatif Arah Pergerakan…

Prediksi arah pergerakan kedepan, tetap berdasarkan pada prediksi yang sudah saya buat sebelumnya. Artinya: Jika ternyata masih melanjutkan trend turun yang sedang berlangsung, potensi koreksi dari IHSG adalah sebagai berikut:

Setelah target awal done maka alternatif yang pertama adalah Target dari Triangle Pattern yang lebih besar, yang memiliki target di kisaran 4950 – 5000.

Alternatif yang kedua, adalah Pola Double Top, yang memiliki target di kisaran 4600 – 4700.

Mana yang akan menjadi Target pergerakan JIKA suport di 5100 – 5200 ini gagal bertahan? Saya sih tadi ngintip potensi koreksi dari saham-saham perbankan. Kalau melihat potensi koreksi dari saham-saham BBRI, BBCA, BBNI, dan BMRI … sepertinya sulit bagi IHSG untuk bisa turun jauh dibawah level 5.000. Akan tetapi.. apa iya level itu bakal menjadi target?

Kita lihat nanti deh.. sore ini saya belum kepingin berandai anda. Kita lihat perkembangan dari pergerakan indeks Dow Jones Industrial nanti malam.

Pak.. emang target dari BBRI, BBCA, BBNI dan BMRI di level berapa? Mana gambarnya?

Ditunggu tulisan saya selanjutnya ya…. semoga nanti malam saya masih sempat membuatnya.

Download aplikasi TETRA X CHANGE untuk tools pengambilan keputusan investasi dan trading saham. KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *