Kemarin, 18 February 2021 IHSG ditutup melemah 0,44% ke level 6200. Pelemahan tidak terjadi di sektor Mining yang menguat 1,09% ke level 2043, sektor Infrastructure menguat 0,29% ke level 1009 dan sektor Trade menguat 0,33%. Kemarin BI ( Bank Indonesia ) kembali memangkas suku bunga 25 bps ke level 3,5%. Pemerintah berharap pemangkasan akan menggairahkan kembali perekonomian Indonesia.

Sektor Mover IHSG Kamis 18 February 2021
Detail Market Summary Kamis 18 February 2021
        

Akankah Penurunan Suku Bunga Dapat Mendongkrak Kinerja IHSG?

BI atau Bank Indonesia kembali memangkas suku bunga sebesar 25 bps ke level 3,5%. penurunan suku bunga dilakukan demi menggairahkan kembali perekonomian di masa inflasi yang sangat rendah seperti saat ini. Masyarakat cenderung masih menunda kredit dikarenakan kondisi pandemi saat ini masih mengkhawatirkan untuk ekspansi bisnis.

Impact dari suku bunga yang rendah nampaknya baru akan dirasakan di bulan maret, hal ini dikarenakan di bulan maret pemerintah juga sudah mengeluarkan kebijakan yang memaksa masyarakat untuk expense. Hal ini adalah kebijakan bunga 0% , baik dari kredit mobil maupun juga kredit kepemilikan rumah. Hal ini berpotensi meningkatkan kinerja penjualan dari sektor otomotif dan juga sektor property dimana sektor ini cukup lesu di era pandemi.

Selain itu jika kebijakan bunga 0% ini dapat berjalan dengan lancar hal ini juga bisa berdampak ke sektor perbangkan, terutama perbankan dengan NPL rendah atau di bawah 5%. Hal ini dapat meningkatkan lajur pertumbuhan kredit perbankan dimana bisnis utama dari bank adalah penyaluran kredit.

Suku Bunga Turun, Bagaimana Nasib IHSG?

Kesimpulan dari penurunan suku bunga dan juga paket kebijakan 0% ini berpotensi berdampak positif jika berjalan dengan lancar, di bulan maret IHSG berpotensi kembali menguat di dorong oleh sektor Finance, Property dan juga sektor MISC-IND. Namun jika kebijakan ini juga gagal membuat konsumsi masyarakat tumbuh IHSG berpotensi kembali bergerak sideways dengan range lebar 6500-5400.

suku bunga belum berdampak ke IHSG

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini : TINS INCO ANTM ELSA MEDC TOWR BTPS MDKA ASSA BSDE CTRA PWON  

Support – Resisten : 5700-6210

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 120.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *