IHSG pada hari Jum’at 13 November 2020 ditutup menguat tipis 2,4 point atau menguat 0.05% ke level 5461. IHSG kembali membentuk pola rejection dengan 4 sektor menguat dan 5 sektor lainnya melemah. Sektor Finance tutup menguat sebesar 0.62% ke level 1255 kuat bertahan walau tanpa Net Akumulasi asing. Begitu juga dengan Sektor Mining walau belum mendapatkan sorotan besar dari asing, namun Sektor Mining sudah mulai di akumulasi asing sebesar 21B.

Sektor mining di akum asing tipis


Sektor Mover IHSG Jum’at 13 November 2020
Detail Market Summary Jum’at 13 November 2020

Sektor Mining Kembali Nampak Seksi, Saham Apa Yang Berpotensi?

Sektor Mining kembali perlu di sorot, beberapa news terkait mining mulai di naikkan kembali, dari perusahaan tesla hingga sentimen perbaikan ekonomi cina terkait batu bara, seperti beberapa hari lalu kita juga sudah pernah bahas terkait dua komodity besar ini, Coal dan Nickel memang masih memiliki potensi besar untuk menjadi primadona di tahun depan. Tinggal fokus kita saham mana yang dapat rally lebih ringan ketimbang perusahaan sejenis.

Dari sektor coal kita memiliki beberapa saham diantaranya, PTBA, BYAN, ADRO, ITMG, DOID dan INDY. Saham-saham inilah yang sangat related ke pergerakan komodity coal, namun walau sama-sama berkorelasi terhadap coal ada yang sangat leading maupun sangat lagging, terutama DOID dan INDY yang tergolong tidak terlalu dominan pergerakannya sehingga kenaikannya terkadang liar namun justru berpotensi besar memberikan potensi gain ketimbang teman-temannya lain walau resikonya juga berkorelasi positif dengan potensi gainnya.

Dari komodity Nickel kita memiliki beberapa saja yaitu ANTM, INCO dan TINS, walau masih ada beberapa saham yang related terkait nickel namun ketiga saham ini yang sangat berpotensi besar. Dari ketiga emiten ini, INCO memiliki porsi paling besar terkait produksi nickel, ANTM pergerakannya lebih volatile dan TINS baru saja masuk index MSCI. Jadi dari ketiga kondisi tersebut harusnya teman-teman dapat memilih saham mana yg upsidenya masih memiliki upside yang cukup besar.

Akankah Sektor Mining Dapat Membuat IHSG Kembali Terakselerasi

Walau porisi sektor mining tidak terlalu besar terhadap IHSG namun sektor mining juga dapat menggairahkan market. Sektor Mining adalah salah satu sektor yang volatilitas harganya cukup baik untuk para trader dan juga value investor dimana biasanya di sektor inilah banyak saham yang naik gila-gilaan dan turun jg demikian. Kondisi saat ini IHSG masih di fase uptrend dengan arah minimal 5686 dengan support terdekat masih di area 5381.

Sektor mining berpotensi menggairahkan market

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini :BBNI BTPS MCAS ACES BBTN KLBF BSDE MNCN SMRA MAIN BMTR

Support – Resisten : 5182-5552

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *