Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup mixed menguat tipis dari penutupan kemarin 8 Desember 2020 sebesar 13 point atau 0,23% ke level 5944. Ada 4 sektor yang melemah tidak mampu bertahan di zona hijau. Sektor Mining dan Sektor Consumer paling cemerlang di perdagangan kemarin, namun di sektor Consumer Asing malah distribusi sebesar 433B.


Sektor Mover IHSG Selasa 8 Desember 2020
Detail Market Summary Selasa 8 Desember 2020
   

Saham Apa Yang Membuat Sektor Consumer Menguat?

Sektor Consumer adalah salah satu Sektor yang kurang menarik di era Covid-19, kondisi ini terjadi karena saham-saham di sektor ini memang cenderung saham-saham defensive. Di perdagangan kemarin sub sektor tembakau yang membuat Sektor ini menguat. Namun disisi lain asing justru melakukan net sell di sektor ini, tercatat ICBP mengalami net sell terbesar yaitu 249B di ikuti INDF sebesar 74B dan juga HMSP 63B. Hal ini disebabkan oleh tidak donimannya posisi asing di sektor ini yang menyebabkan pergerakannya kontrarian terhadap asing. Tidak seperti sektor Finance yang asingnya terlalu dominan. Nampaknya memang dari dulu asing tidak terlalu tertarik dengan sektor ini.

sektor consumer menguat tajam

Analisa daily chart Sekor CONSUMER

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk atau ICBP melemah 1,5% di perdagangan kemarin dengan net sell asing sebesar 249B. Sejak beberapa hari lalu asing memang terus distribusi di saham ini, kondisi trend saat ini adalah sideways dengan resistance 10625 dan support 9500. Market nampaknya memang terlalu fokus ke sektor penggerak ekonomi dan recovery ekonomi ketimbang sektor yang bersifat defensive.

ICBP sebagai pemberat sektor consumer

Analisa daily chart Saham ICBP

HMSP telah melampaui target double bottomnya dengan melewati area 1775. Hal ini juga di dukung oleh sentimen dibatalkannya cukai yang membuat para investor mulai melirik saham ini. Saham ini cukup menarik karena tercatat memang belum mengalami rally seperti saham-saham lainnya karena terus di terpa sentimen cukai. Upside terdekat ada di area 1895 dan 1970.

hmsp yang membuat sektor consumer menguat

Analisa daily chart Saham HMSP

Akankah Saatnya Sektor Consumer Bermain?

Kontribusi pergerakan Consumer tidak terlalu signifikan terhadap penguatan IHSG, namun hanya sektor ini yang nampaknya berpotensi besar menguat menggantikan sektor-sektor lainnya yang sudah sangat oversold. Walau demikian IHSG sudah mencapai target kita, selalu waspada terhadap pergerakan-pergerakan distribusi, karena bisa saja mengakhiri penguatan trend.

composite berharap sektor consumer sebagai penopang IHSG

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini :GGRM KAEF INAF CLEO CPIN PTRO MAPI  

Support – Resisten : 5557-5953

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *