Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Kembali menguat di perdagangan kemarin 26 November 2020, tercatat IHSG menguat 80 point atau 1,42%. Hanya sektor Agri yang melemah di perdagangan kemarin, walau demikian Sektor ini nampak jalan di tempat dengan melemah 1 point atau 0,09% saja. Dibandingkan dengan sektor lain yang rata-rata kenaikannya di 1,74%.

Sektor Mover IHSG Kamis 26 November 2020
Detail Market Summary Kamis 26 November 2020

Ada Apa Dengan Sektor AGRI yang Malah Melemah?

Sektor ini memang tergolong sektor yang tidak popular, tercatat sektor ini rata-rata value transaksi per harinya hanya di angka 114B jauh berbeda dengan Sektor FINANCE sebesar 3,5T atau dibandingkan dengan sektor MISC-IND dengan rata-rata value transaksi sebesar 484B. Hal ini memang di sebabkan banyak oleh banyaknya saham yang tidak liquid yang terdaftar sebagai sektor AGRI. Kondisi Trend AGRI saat ini masih sideways dengan resistance 1263 dan support di area 1100.

Analisa daily chart sektor AGRI

AALI adalah market leader di sektor AGRI, dengan market cap sebesar 20T AALI menyumbang sebesar 26% bobot terhadap sektor AGRI, kondisi saat ini saham AALI sama seperti sektornya dalam kondisi sideways dengan resistance terdekat di area 11575 dan support area 9700. Memang sektor ini adalah sektor yang paling lagging namun tetap patut di perhatikan untuk difersifikasi portofolio jika sudah tidak bisa membeli sektor-sektor leading lainnya lagi.

aali adalah market leader di sektor agri

Analisa daily chart saham AALI

SMAR dengan market cap 8,9T saham ini menduduki posisi kedua terberat di sektor AGRI dengan kontribusi sebesar 11%. SMAR. Namun saham ini sangat tidak liquid tercermin di chart dan juga rata-rata transaksi saham ini sangatlah rendah. Di posisi ketiga ada LSIP dengan market cap sebesar 7,4T saham ini berkontribusi sebesar 9,5% terhadap sektor AGRI, berbeda dengan saham SMAR saham ini justru lebih liquid. Kondisi saat ini LSIP justru berbeda dengan teman-temannya lain, LSIP trendny sudah memasuki trend uptrend dengan support terdekat di area 1055 dan resistance terdekat di area 1130.

Analisa daily chart Saham SMAR

LSIP uptrend di saat saham-saham lain di sektor agri menguat

Analisa daily chart Saham LSIP

Akankah Saham Agri Bisa Ikut Menggairahkan IHSG

Kondisi saat ini IHSG masih tergolong rawan, walau menguat IHSG belum membentuk new high dari high candle rabu 25 november 2020 di angka 5770. Namun walau belum membentuk new high, kondisi trend IHSG tetap dengan trend uptrend dan area target kita masih di area 5953. Memang masih memiliki upside namun resiko sudah mulai tinggi, kita tentu perlu opsi-opsi lain sebagai pilihan ketika IHSG sangat leading.

sektor agri melemah disaat ihsg menguat

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini :INKP TPIA TKIM BMRI BBNI TLKM ICBP CPIN INCO HRUM MDKA KLBFG TOWR SMRA

Support – Resisten : 5557-5953

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *