IHSG ditutup flat naik super tipis +1,4 point ke level 5340.32. Belum banyaknya sentimen positif membuat index cenderung rehat pasca naik tinggi di hari Selasa. Sektor INFRA menjadip penggerak indeks kemarin dipicu oleh dua sentimen : subsidi pulsa 200ribu untuk ASN serta kabar rencana investasi TLKM di Gojek. Hal ini bawa sektor yang berisi saham saham utilitas dan transaportasi naik +0.92%

Dalam perdagangan kemarin jumlah saham yang turun mendominasi 262 berbanding 184 yang naik. Sektoral juga mixed dimaan 5 sektor hijau dan 4 lainnya merah. PROPERTY pimpin koreksi dengan turun -0.69% sedangkan AGRI pimpin kenaikan +1.02%.  Hal yang sama tampak di top 10 mover yang mixed kemarin. Hanya 3 saham yang naik TLKM BMRI dan ASII . Selebihnya cenderung turun atau tidak alami perubahan harga

Investor asing masih tetap dalam tone yang sama melakukan aksi jualnya. Total outflow capai -521 milyar di dua pasar. Pasar regular sumbang outflow -464 milyar dan pasar tunai nego -56 milyar. BBNI TLKM menjadi yang paling banyak dilepas asing : -140 milyar dan -47 milyar. Disusul INDF GGRM dan BBCA. Sedangkan saham yang kemarin banyak dibeli asing adalah BRIS dan ADRO sebanyak +10 milyar dan +9 milyar. Disusul oleh TOWR ASII BMRI PTBA.

Detail Market Summary Rabu 26 Agustus 2020

Rencana Investasi di Gojek Sanggupkah Bawa TLKM Break Konsoldasi 3060 ?

Kemarin ramai berita soal rencana Telkomsel untuk melakukan investasi di Gojek. Usaha TLKM mengembangkan bisnis bisnis berbasis digital memang belum ada yang memberikan hasil optimal. Sebut saja anak usahanya di bidang e-commerce Blanja.com belum masuk dalam jajaran Top 3 Ecommerce. Masih kalah dengan Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Emoney yang dikembangkan TSEL dan TLKM juga akhirnya melebur menjadi LinkAja untuk dapat audience yang lebih luas. Bila dibiarkan sendiri dikhawatirkan tak akan mampu bersaing dengan GOPAY, OVO dan DANA yang sudah lebih dulu jorjoran raup nasabah dan merchat.

Selain itu kabar pemberian subsidi 200ribu untuk pulsa membuat 3 saham selular lain ikut aktif. EXCL ISAT dan FREN kembali aktif. Bahkan saham FREN memantul dari level support 87 dan alami golden cross stochastic disertai dengan volume yang tinggi.   Saham TLKM juga memantul dari support 2980 namun gagal ditutup sempurna karena bentuk upper wick tanda masih kuatnya seller. Apalagi asing masih ambil posisi net sell lanjutan kemarin hingga -47 milyar. Harapannya adalah 2 kabar ini dapat bawa TLKM keluar dari konsolidasi yang sudah terjadi sejak awal bulan di rentang 2850 – 3060. Bila gagal break maka akan tetap sideways.

Analisis Daily Chart saham saham telekomunikasi : top picks EXCL dan FREN

Analisis Daily Chart EXCL
Analisis Daily Chart FREN
Analisis Daily Chart ISAT
Analisis Daily Chart TLKM

Saham Teknologi Dorong Wall Street; Harga Komoditas Naik Peluang Saham MINING Moncer

Dalam perdagangan semalam Wall Street kembali moncer setelah saham saham teknologi dorong S&P dan NASDAQ ke level high terbaru. S&P naik +1.02% ke level 3478 sedangkan NASDAQ melejit +1.73% ke level 11665. DJIA pun tak luput dari kenaikan setelah naik +83 poin ke level 28331 semakin dekati angka psikologis 29000. Perubahan konstituen pada DJIA akhir bulan ini akan bawa impact ke saham saham teknologi sebagai penggerak market. Saham Salesforce akan gantikan Exxon yang sudah bercokol lebih dari 90 tahun. Tak heran kemarin saham ini naik tajam +26% di perdagangan semalam. Ada 3 saham  yang akan masuk ke DJIA : Amgen, Salesforce dan Honeywell. Saham saham baru ini akan gantikan Raytheon, Exxon dan Pfizer.

Harga harga komoditas emas, nikel, minyak, timah dan CPO merangkak naik kembali. Hal ini bisa menjadi katalis positif bagi saham saham seperti AALI LSIP ELSA MEDC TINS INCO ANTM MDKA PSAB untuk aktif.

Hari ini IHSG masih akan bergerak pada rentang 5298 – 5386 dengan kecenderungan menguat. Apalagi didukung oleh stoch terjadi akselerasi di area overbought > 80. MACD histogram pun masih arah positif. 

Beberapa saham yang perlu masuk dalam watchlist hari ini : FREN EXCL ISAT AGRO BRIS DOID SMBR INDY SSIA BNII BMRI TCPI BNLI SMGR CAMP ACST

Tone dan Manner Hari Ini :  Bisakah Saham TLKM Break Konsolidasi 3060 Dipicu Berita Investasi di Gojek ?

Support – Resisten  :  5296 – 5383

*********************************

Tidak punya waktu banyak untuk belajar saham dan melakukan analisis saham ?

Kami berikan shortcut untuk para pemula secara mudah

  1. Download aplikasi TETRA SAHAM di https://onelink.to/tetrasaham
  2. Download ebook yang menjelaskan bagaimana bisa cuan dengan menggunakan aplikasi  TETRA SAHAM di https://rebrand.ly/cuanpakaitetra
  3. Tonton dua video ini sampai habis dan jangan ada satu menit pun  yang dilewatkan

Video 1 https://youtu.be/R4IZOhnfAwk

Video 2 https://youtu.be/ojTxa1fleis

#KalauGakCuanKebangetan #YangBelajarPastiCuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *