Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah tajam di perdagangan kemarin 30 November 2020, IHSG melemah 170 point atau 2,96% ke level 5612. Hanya sektor AGRI yang bertahan dari gempuran distribusi yang disebabkan oleh berita PSBB di perpanjang Lagi. Net Sell Asing tercatat meningkat menjadi 3,2T atau 3x lipat dari hari sebelumnya.

8 sektor melemah karena berita psbb


Sektor Mover IHSG Senin 30 November 2020
Detail Market Summary Senin 30 November 2020

PSBB Membuat IHSG Berdarah!

IHSG mengalami pelemahan yang cukup tajam, namun pelemahan ini tidak terlalu parah ketimbang pengumuman PSBB seperti sebelumnya, biasanya IHSG melemah hingga terjadi halt atau melemah lebih dari 5%, kali ini IHSG hanya melemah 2,96% saja. Kemarin IHSG juga mengalami lonjakan volume yang sangat signifikan, tercatat value transaksi di hari kemarin adalah 32T terbesar sejak May dimana pernah value transaksi sebesar 40T. Secara Net sell asing pun juga break record dimana kemarin asing net sell sebesar 3,2T dimana peaknya biasanya hanya hingga 2T saja.

Secara Modern teknikal IHSG memang sudah berada di area jenuh beli namun yang mengherankan volume transaksi tidak kunjung melemah, dimana biasanya semakin tinggi harga volume semakin rendah, disini nampak terjadi divergensi kondisi, dan kondisi ini perlu di pertimbangkan lagi, karena bisa saja memang semakin tinggi distribusi yang di lakukan semakin besar, jadi perlu waspada terkait ini.

Analisa daily chart Index Composite

Secara Teknikal classic IHSG gagal break area fibo 1,61% dari trend penurunan terdekat, dimana kondisi ini sangat wajar ketika sudah mencapai target lalu berbalik arah, namun secara trend besar IHSG masih di trend uptrend namun memang upside dari IHSG sudah sangat menipis dan downside atau resikonya juga cukup lebar.

psbb kembali membuat ihsg melemah

Analisa daily chart Index Composite

PSBB Akankah Mengakhiri Rally IHSG?

Seperti yang kita bahas kemarin minimal kita harus memiliki 3 candle merah sebagai konfirmasi penurunan atau pembalikan arah dimana kondisi ini mencerminkan konsistensi distribusi yang terjadi, namun di perdagangan kemarin IHSG membentuk candle merah yang dalam dimana candle ini melewati banyak support-support minor sebagai barikade penahan penurunan dari IHSG, nampaknya memang rally IHSG sudah berakhir waspada penurunan IHSG hingga area 5400 untuk target pendek, dan 4863 sebagai target utama.

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini :ITMG AALI HRUM BNLI INDY SCMA AKRA KLBF

Support – Resisten : 5557-5953

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *