Kekhawatiran akan Virus Corona memang masih membuat indeks Dow Jones Industrial semalam tertekan sehingga ditutup dengan koreksi sebesar 357,28 poin (-1,39 persen) pada level 25.409,36. Meskipun demikian ada beberapa hal positif yang bisa kita lihat dari pergerakan indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam. Hal positif apa sih ? Dead Cat Bounce atau potensi rebound

Posisi penutupan DJI sebenarnya sudah 728,35 poin dari titik terendahnya, dan juga berhasil ditutup diatas posisi harga open. DJI sempat menyentuh garis target dari Trend Channel sebelum kemudian rebound dalam jumlah yang cukup besar. Kabar bagus yang lain adalah posisi terendah dari indeks DJI, sebenarnya masih tipis diatas titik terendah DJI pada Juni 2019. Ini setidaknya membuat DJI sebenarnya belum memberikan signal negatif untuk jangka menengah. Kalau anda sudah baca ‘psikologi candlestick’ dalam buku saya terbaru, candle DJI semalam itu bunyinya kurang lebih adalah ‘suport masih bertahan, dan orang mulai berani ambil posisi beli’. Ini dilihat dari posisi penutupan DJI yang hampir 3% dari titik terendahnya dengan body kecil yang berwarna putih.

Memang masih terlalu dini untuk dibilang… tapi dengan candle bentuk seperti itu, DJI sebenarnya menunjukkan peluang untuk terjadinya Dead Cat Bounce, potensi rebound kecil karena penurunan yang terjadi dalam jangka pendek, memang terlihat sudah terlalu parah, dan terlalu dalam.

Kemana arah DJI kalau kemudian mengalami Dead Cat Bounce?

Jika (ingat ya.. JIKA… karena DJI kan baru bergerak laginya hari Senin) DJI mengalami rebound, level-level berikut ini, kemungkinan menjadi resistennya.

Dari level-level tersebut, sepertinya JIKA terjadi rebound, maka kisaran 26.555 – 27.150 sepertinya bakal menjadi target jika terjadi Dead Cat Bounce, sebuah potensi kenaikan sebesar 4,5 persen hingga 6,8 persen.

Lumayan kan? Itu JIKA DJI rebound. Kita masih harus melihat perkembangan hingga hari Senin untuk memastikannya.

Bagaimana arah IHSG JIKA mengalami rebound? Kita lihat di tulisan saya berikutnya deh.. ini saya mau jalan dulu… ada sedikit keperluan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *