Pemilu US akan diselenggarakan hari ini, selasa 3 November 2020, di perdagangan kemarin nampak investor di Indonesia pun ambil aksi wait n see, tercatat IHSG melemah terbatas sekitar 13 point atau 0,26%. Hal ini membuat 6 dari 9 sektor melemah, di perdagangan kemarin sektor Finance dan Mining sebagai juru kunci menahan lajur penurunan IHSG, sektor Finance Menguat 0,69% diikuti oleh Sektor Mining yang menguat 0,71%.

Sektor Mover IHSG Senin 10 November 2020
Detail Market Summary Senin 10 November 2020

Pemilu US, Bagaimana Alur Sentimen Tersebut Hingga ke IHSG?

Yang perlu kita ketahui impact pertama dari Pemilu US tentu adalah ke mata uang US. Baik Trump maupun Biden yang terpilih semua akan membuat mata uang bergejolak, sehingga membuat mata uang lain ter imbas, perbedaannya hanya berapa lama impact dari berita tersebut ke mata uang.
Berikutnya kita lihat dari sisi kebijakan apa saja yang akan di buat oleh presiden terpilih, dimana akankah ada sentiment yg mempengaruhi secara global, seperti halnya sentiment yang menahan produk China masuk ke US.
Selanjutnya diikuti oleh sentiment yang mempengaruhi yield dimana hal ini dapat berimpact ke GDP mereka.

Berbeda dengan sektor lain, INFRASTRUCTURE mengalami Net sell asing yang sangat besar terfokus ke saham TLKM, TLKM mengalami net sell asing sebesar 415B. Net sell ini terbesar dalam 3 tahun terakhir. Kondisi saat ini TLKM berada di ujung support dan berpotensi break down dengan target pelemahan hingga 2450 dan dapat pula terakselerasi hingga 2150, jika TLKM tidak memiliki sentiment positive maka 2150 bukan hal yang tidak mungkin.

TLKM dilanda aksi distribusi besar-besaran oleh asing yang harusnya wait n see terkait pemilu us

Analisa daily chart Saham TLKM

Dengan kondisi wait n see seperti ini, Sektor Mining terutama nickel malah menguat tajam, tercatat INCO ANTM TINS menguat lebih dari 3%. Hal ini mungkin mencerminkan LK INCO yang cemerlang sehingga membuat semua sektor Mining terutama komodity Nickel ikut menguat. Ditambah UU Omnibus Law yang resmi disahkan oleh Pemerintah dapat kembali sebagai sentiment positive bagi perusahaan ini.

Analisa daily chart Sektor Mining

Pemilu US, Bagaimana Nasib IHSG?

Seperti yang kita bahas dari postingan sebelumnya, IHSG masih berada trend sideways setelah mengalami short term trending di bulan Oktober. Hingga saat ini pun IHSG masih berada di area resistance 5180 dan support 5070. Dengan kembali ditutup dengan pola rejection IHSG hari ini berpotensi menguat. Dengan di dukung oleh sentiment UU Omnibus Law yang resmi di sahkan oleh Presiden Jokowi dan juga tinggal menunggu hasil Pemilu US, IHSG nampak lebih cenderung break resistance ketimbang break support.

pemilu us tidak berdampak banyak ke ihsg

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini :    BBCA ICBP INCO MDKA ANTM TINS IMAS ITMG BMRI ERAA SCMA

Support – Resisten : 4754- 5187

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

2 comments

  • May

    May

    aku masih baru banget belajar saham dan pertama kali tertarik dengan TLKM karena analisa fundamental.. that’s a classic reason.. fyi, belinya di 3200.. and now??? gatau harus tetap positive thingking sampai kapan.

    Reply
    • Luke Syamlan

      Luke Syamlan

      selama diatas 2750 gak papa
      harga dibawah itu jangan

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *