Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup menguat di perdagangan kemarin 5 January 2021, tercatat IHSG menguat 32,4 point atau 0,53% ke level 6137. Ada 3 sektor yang melemah di perdagangan kemarin, MISC-IND melemah 0,33% diikuti oleh INFRA melemah 0,65% dan TRADE melemah 0,06%. Dari pasar komodity Oil kembali menguat setelah Arab saudi menahan produksinya dan berpotensi penguatan akan berlanjut.

Sektor Mover IHSG Selasa 5 January 2021
Detail Market Summary Selasa 5 January 2021     

Oil Menguat, Akankah Komodity Lainnya Juga Menarik?

Oil kembali menguat di perdagangan komodity dimana sempat melemah karena sentimen dari US, kali ini OIL di terpa sentimen produksi dari Arab Saudi sehingga trend penguatan Oil berpotensi berlanjut. Target penguatan oil nampaknya bisa hingga US$ 54. Selain itu Tidak hanya komodity OIL, komodity subtitusi lainnya juga berpotensi menguat, tercatat komodity Coal juga menguat. Tercatat HBA ( Harga Batubara Acuan ) menguat 27,14% ke level US$ 75,84 dari sebelumnya di harga US$ 59,65. Hal ini akan bersifat domino ke saham-saham dalam negri.

Analisa daily chart Komodity Oil

MEDC dan ELSA adalah saham yang menarik di pantau ketika pergerakan OIL kembali menguat. MEDC berpotensi menguat ke level 935 jika mampu break level 675 dengan batasan resiko di 580. Untuk ELSA berpotensi menguat hingga 412 dan 540 jika dapat kembali terakselerasi, batasan resiko ELSA 320.

MEDC berkorelasi kuat dengan pergerakan oil

Analisa daily chart MEDC

ELSA berkorelasi kuat dengan pergerakan oil

Analisa daily chart ELSA

Untuk saham komodity coal belum nampak berpotensi menguat di perdagangan hari ini karena masih berada di fase sideways. Oleh karena itu saham-saham komodity coal jadikan watchlist untuk di perhatikan jika ada pergerakan yang menarik.

Akankah Oil Menjadi Primadona IHSG Hari Ini?

Market masih euforia terhadap komodity nickel dimana arah pergerakan market ke energy terbarukan yaitu baterai. Dengan adanya sentimen ini arah pergerakan Mining masih akan menjadi fokus market. Namun Selain itu dengan menguatnya komodity Oil ada sedikit harapan untuk diversifikasi ke saham-saham ini dan jadikan momentum ini untuk buy on weakness saham komodity nickel jika melemah. Arah IHSG masih sama sideways di area 6160-5959.

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini : BBCA INKP TKIM BBNI INCO MEDC ELSA

Support – Resisten : 5781-6300

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *