IHSG menguat tajam di perdagangan kemarin 10 November 2020, tercatat menguat 106 point atau 1,99% ke level 5462. Semua sektor menguat kecuali MINING yang malah melemah 0,96% ke level 1495. Penguatan IHSG di pimpin oleh sektor FINANCE yang menguat 3,94% ke level 1261 dengan net akumulasi asing sebesar 2,1T. Secara historical net akumulasi yang terjadi di IHSG adalah terbesar Selama 2020.

Sektor Mining melemah sendirian

Sektor Mover IHSG Selasa 10 November 2020
Detail Market Summary Selasa 10 November 2020

Asing Agresif, Kenapa Sektor Mining Melemah

Rasanya bosan kalau kita bahas sektor FINANCE terus menerus. Dengan sentiment-sentimen yang ada wajar FINANCE sangat di buru asing. Beda hal nya dengan sektor mining, di sektor mining memiliki beberapa sub sektor di antaranya ada Coal Mining, Crude Petroleum & natural gas production, Metal & Mineral Mining, Land/Stone quarrying dan Pertambangan lainnya. Dari beberapa sub sektor ini Mining dikendalikan oleh Coal dan juga Metal-metalan. Dimana ada saham BYAN, INCO, MDKA, ADRO, dan ANTM sebagai top 5 pemberat dari sektor MINING. Walau nampak Lagging Metal sudah menguat sejak beberapa bulan lalu, berbeda dengan sektor coal yang malah flat dan menjadi pemberat selama beberapa bulan lalu.

Sektor Mining tidak kebagian pesta akumulasi asing

Analisa daily chart Sektor MINING

Secara historical pencapaian investasi di sektor Coal selalu melebihi target dari tahun ke tahun, akan tetapi dengan adanya shutdown produksi di tahun ini coal pencapaiannya hanya 37% saja, padahal harusnya ketika beberapa negara konsumen coal terbesar kembali ber operasi, permintaan terhadap Coal kembali meningkat yang membuat ada potensi besar terhadap sektor ini tercatat beberapa saham coal masih bergerak flat.

Analisa daily chart Saham ADRO

Adro adalah market leader di Mining yang paling liquid, walau ada emiten BYAN namun emiten tersebut kurang liquid sehingga sering kali di abaikan. Adro kondisi saat ini masih bergerak flat dengan support 1080 dan resistance 1260, begitu juga dengan PTBA walau tercatat membukukan laba yang cukup besar, PTBA masih bergerak flat dengan support 1940 dan resistance 2070.

Analisa daily chart Saham PTBA

Sektor Mining Melemah Akankah Menjadi Pemberat IHSG Lagi?

Walau nampak begitu memukau terkadang apa yang terjadi di market sering di respon sebaliknya, seperti istilah “ fear when other greed and greed when other fear”. Hal ini mungkin perlu di garis bawahi sehingga teman-teman tidak terlalu bernafsu. Tercatat IHSG berada di resistance channel yang berpotensi besar melemah, walau IHSG baru saja break namun alangkah baiknya rehat terlebih dahulu untuk melanjutkan naik dan terakselerasi break channel.

Sektor Mining malah melemah

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini :GGRM BBCA INTP SMGR ADRO PTBA INDY TCPI CPIN BMRI BBNI

Support – Resisten : 5182-5552

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *