Dalam sebuah krisis, kita memang harus berhati-hati dalam melangkah. Salah melangkah bisa berakibat sangat fatal.

Untuk mulai melangkah, kita harus tahu: dimana posisi terakhir kita, dan bagaimana arah kita kedepan mau kemana. Beberapa waktu yang lalu, saya mungkin sudah memberikan warning bahwa IHSG sedang memiliki potensi koreksi hingga kisaran 5100 – 5150. Pendapat itu mungkin sedikit saya koreksi dengan tulisan ini, bahwa potensi koreksi IHSG saat ini memang ada di kisaran 5

So.. sekedar untuk memberikan gambaran.. untuk menjaga pikiran kita #tetapwaras, berikut ini adalah posisi dari dua indeks utama yang sangat berpengaruh kepada kita: indeks Dow Jones Industrial (DJI) dan IHSG.

Indeks DJI gagal bertahan didalam trend channel naiknya. Break out atas suport level, memiliki potensi koreksi hingga kisaran 24750 – 26000. Indeks DJI semalam sudah ditutup pada level 25.766, potensi koreksi sebenarnya sudah mulai terbatas.

Untuk IHSG, chartnya kurang lebih masih sama dengan chart yang saya saya publikasikan beberapa waktu yang lalu. Cuman.. kali ini.. target IHSG malah saya naikin sedikit. dari 5100 – 5150, menjadi 5100 – 5200. Ini karena target dari triangle IHSG yang asli, ternyata sedikit diatas level 5150.. bukan dibawahnya.

So.. apa yang harus kita lakukan? Saya sih sedang posisi full cash.. jadi saya memang sedang menunggu saat yang tepat untuk kembali melakukan reentry. Satu hal yang ingin saya sampaikan disini adalah: kalau anda dalam posisi nyangkut dengan potensi kerugian diatas 5%, saya sih tidak menyarankan untuk cut loss. Harga bergerak turun seperti ini, kemungkinan nanti kembalinya juga akan cepat, bentuk spike, paku (spiking kalau kata kerjanya). Harga turun cepat, naiknya juga cepat. Cut loss sekarang bukan saat yang tepat. Kalau anda masih ada dana, saya lebih menyarankan untuk average down. Cuman. di harga berapa? nah itu dia.. itu kita juga harus mencarinya bersama-sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *