IHSG kemarin rehat sejenak setelah breakout level 4990-5000. Kekhawatiran makin tingginya wabah coronavirus di Amerika membuat kenaikan di bursa global juga alami kendala. Apalagi setelah musim rilis laporan keuangan di mulai. Wallgreens sebagai salah satu komponen DJIA catatkan penurunan earning dan dorong harga sahamnya turun -7.76%. Kekhawatiran akan terkoreksinya instrument saham membuat masih banyak pelaku pasar yang cenderung untuk menahan emas. Masih berlanjutnya rally harga emas jadi katalis positif bagi saham MDKA. Bagaimana prospek saham tambang emas yang dimiliki oleh mantan calon Wapres Sandiaga Uno secara analisis teknikal ?

Koreksi BBCA BBRI dan TLKM Tekan IHSG Ke Zona Merah, Walaupun Saham Komoditas Hijau

Index kemarin ditutup mixed setelah di awal perdagangan sudah mencoba untuk lanjutkan pendakian ke level resisten 5118. Sempat sentuh level 5112 sebelum akhirnya perlahan anjlok dan tutup di bawah level support 5069-nya. Terkoreksinya saham saham FINANCE -0.69% dan INFRA -0.85% dorong index melemah -0.46% walaupun ada kenaikan dari saham saham komoditas tambang dan agri.

Recap Pergerakan Sektoral 9 Juli 2020

Pada perdagangan hari Kamis jumlah saham yang naik dan turun nyaris berimbang. Ada 195 saham naik dan 205 saham turun. Top 10 Market Mover pun cenderung mixed. Ada 3 saham naik : HMSP SMMA dan BRPT dan 7 saham yang turun. Mayoritas saham bank besar terkoreksi dengan BBCA dan BBRI sebagai leadernya turun -1.61% dan -1.56%. Tak heran dengan konstribusi total 19% terhadap IHSG mampu tekan index ke zona negatif. Apalagi TLKM sebagai leader INFRA yang punya bobot 48.8% turun -1.3%.

Detail Market Summary Kamis 9 Juli 2020

Analisis Daily Chart Saham BBCA

Saham MDKA Paling Banyak Diburu Asing Hingga 107 Milyar

Rally harga emas hingga diatas USD 1800 per troy ounce menjadi berkah tersendiri untuk saham MDKA (Merdeka Copper Gold). Emiten yang fokus pada pada pertambangan emas dan tembaga layaknya Freeport ini alami rally harga mengikuti sentimen komoditasnya. Rally harga emas sendiri sudah terjadi sejak bulan Agustus 2018 dibarengi oleh dua sentimen kunci : perang dagang China Amerika dan resesi dunia yang disebabkan oleh COVID-19

Pergerakan Harga Emas 5 Tahun (Sumber CNBC)

Dalam perdagangan kemarin, saham MDKA menjadi salah satu yang diburu oleh investor asing hingga capai +107 milyar. Nilai inflow nya sama dengan total inflow saham BBCA +70 milyar dan TLKM +37 milyar. Tak heran  kemarin saham yang sebagian besar dimiliki oleh mantan calon Wapres Sandiaga Uno ini naik +5.9% dan ditutup pecahkan rekor tertinggi di harga 1535. Kenaikan kemarin lanjutkan kenaikan signifikan yang disertai dengan lonjakan volume yang sudah terjadi sejak hari Rabu tanggal 8 Juli 2020.

Analisis Daily Chart Saham MKDA

Untuk yang sudah memiliki saham ini dapat tetap hold dengan target kenaikan jangka  pendek 1660 dan jangka  menengah ke level 1800. Sedangkan yang belum memiliki saham ini bisa tunggu di area support EMA7/MA5 saat terjadi koreksi teknikal atau di level support 1450.

Analisis Pivot Sebagai Support Resist MDKA

IHSG Masih Memiliki 3 Support Pendek : 5004-4990-4941. All is Well

Walaupun kemarin terkoreksi -0.46% atau -23.38 point ke level 5052 namun secara teknikal IHSG masih aman aman saja. Trend naik jangka pendeknya belum alami perubahan. Dalam perspective jangka pendek IHSG masih memiliki 3 support kunci : 5004 yang merupakan EMA7, 4990 horizontal support dan 4941 MA20. Kondisi IHSG yang kemarin sudah didekat upper bollingernya memang menjadi salah satu pertanda bahwa perlu ada koreksi dan konsolidasi untuk lanjutkan trend naiknya.

Analisis Daily Chart IHSG

Dalam perspective investasi sebenarnya trend IHSG sudah mulai masuk ke area zona aman untuk memulai investasi. Hal ini terlihat dari konsistensi candle  yang sudah berada diatas level MA20 Weekly sebagai tanda awal uptrend yang lebih stabil. Sehingga sebagian saham sudah bisa mulai ‘disimpan’ untuk perspective yang lebih lama.

Analisis Weekly Chart IHSG

Walaupun kemarin stoch IHSG menunjukkan potensi dead cross di area overbought, namun masih dirasakan cukup aman untuk koreksi minor. Dont worry. Mixed nya market di Wall Street tidak akan menjadi sebuah tekanan yang kuat buat IHSG. Selain karena trend masih memiliki 3 support kunci, secara histogram MACD setelah golden cross arahnya masih positif sehingga tidak perlu dirisaukan trendnya akan berbalik arah.

Index hari ini masih akan mixed terkonsolidasi dalam rentang 4990 – 5118. Beberapa saham yang bisa diperhatikan untuk swing trading : BNLI BRPT CTRA MDKA INKP ACES KLBF

Sedangkan untuk fast trading bisa perhatikan  : BBTN BRIS BSDE TKIM SMRA PTPP LPPF WSBP WIKA

Tone dan Manner Hari Ini :  Emas Masih Naik, MDKA Jadi Buruan Asing

Support – Resisten  : 4990 – 5118

Kabar TETRA SAHAM

Tidak punya waktu banyak untuk belajar saham dan melakukan analisis saham ?

Kami berikan shortcut untuk para pemula secara mudah

  1. Download aplikasi TETRA SAHAM di https://onelink.to/tetrasaham
  2. Download ebook yang menjelaskan bagaimana bisa cuan dengan menggunakan aplikasi  TETRA SAHAM di https://rebrand.ly/cuanpakaitetra
  3. Tonton dua video ini sampai habis dan jangan ada satu menit pun  yang dilewatkan

Video 1 https://youtu.be/R4IZOhnfAwk

Video 2 https://youtu.be/ojTxa1fleis

#KalauGakCuanKebangetan #YangBelajarPastiCuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *