Jebol juga pertahanan IHSG. Walaupun sempat alami overpsikologis di awal perdagangan sebagaimana ekspektasi, index akhirnya mau tidak mau bergerak melemah sepanjang hari dengan begitu banyaknya serbuan sentimen negatif dari dalam maupun luar negeri. Lonjakan kasus COVID19 membuat index global terpangkas. Indeks lokal potensi pull back uji area 5877.

Sempat sentuh level 5929, index merosot turun -41.12 point ke level 5871 setelah lebih dari 284 saham alami koreksi. Kali ini giliran sektor INFRA dan BASIC-IND menjadi penekan utama setelah saham saham utama di sektor ini seperti TLKM EXCL ISAT BRPT CPIN INTP SMGR INKP dan TKIM  melorot tajam. Penurunan tanpa ampun dari saham saham yang sebagian masuk dalam Top 10 dan Top 20 IHSG mover sontak membawa IHSG terkoreksi.

Adanya net buy asing di pasar regular senilai +152 milyar yang didominasi +186 milyar oleh sektor FINANCE tidak mampu lawan peluruhan index dibawah level support 5877 hingga membentuk low baru. Bertahannya sektor FINANCE ini setidaknya membuat koreksi IHSG -0.69% tidaklah seburuk penurunan Index Shariah ISSI -1.2% ataupun JII -1.6% yang  Top 3 emiten dengan kontribusi 44% yaitu TLKM UNVR dan ASII alami koreksi.  Inflow nya asing +133 milyar di saham BMRI membuat emiten ini masih kuat bertahan dan naik +50 poin, disusul BBNI +42 milyar naik +125 point dan BBRI +16 milyar yang juga naik +40 point.

Kasus COVID19 Capai 60ribu Pasien Positif

Kekhawatiran belum redanya penyebaran COVID-19 yang telah capai 60.368 kasus dan telan korban jiwa 1371 membuat market meradang. Apalagi lonjakan kenaikan yang signifikan dari provinsi Hubei yang mencapai 48206 dan menjadikannya pusat dari penyebaran virus hingga 80% kontribusi terjangkit. Di Hubei sendiri 1310 korban tewas dari keseluruhan 1371 kematian atau 95% kasus. Data ini membuat Regional, Eropa dan Wall Street pun tertekan. Semalam tiga index utama Wall Street turun serempak dari level tertingginya. Investor kembali lagi borong emas sehingga capai rekor tertinggi sepekan di USD 1579 per ounce. Bank terbesar di Singapore yaitu DBS pun pangkas proyeksi revenuenya hingga -2% setelah negara pulau ini menjadi yang terbesar terjangkiti setelah China dengan 58 kasus.

Index Potensi Pull Back 5877

IHSG yang kemarin telah break low 5877 dan sedikit berada dibawah support channel 5974 akan dikonfirmasi dalam 2 hari ke depan hingga Senin. Apakah index masih akan berada dibawah garis support tersebut atau alami pullback untuk masuk kembali. Berangkat dari pengalaman saat level 5884.86 dijebol, keesokan harinya index kembali berada di atas level tersebut untuk lakukan rebound bentuk new higher low sebelum lanjutkan koreksi kembali. Bila ini terjadi lagi dalam 2 hari ke depan maka index masih akan terus lanjutkan konsolidasi saat turun (sideways down).

Stochastic yang kembali dibawah level 20 oversold dan MACD histogram alami negative direction tandakan trend turun IHSG belum selesai. Pastikan tetap waspada dan hanya berfokus kepada saham saham utama IDX30 yang masih berada diatas garis MA100 dan MA200 seperti BBCA BBRI BMRI BRPT MNCN dan ERAA. Bisa juga menambahkan ADRO dan CPIN yang walaupun dibawah MA100 tapi masih di atas MA200.

Hari ini index berpotensi untuk pull back dan mengkonfirmasi apakah kembali diatas level 5874 atau akan berlanjut turun ke bawah. Area gerak IHSG diperkirakan antara 5840 – 5915.

Tone dan Manner IHSG : Terjadi Lonjakan Kasus Baru COVID-19 Bikin Global Meradang. Masih ada Potensi Pull Back ke 5874 Untuk Test Hari Ini.

Potensi Pergerakan :  5840 – 5915

Karena kami cinta kamu maka hari ini ada kado khusus buat para pecinta saham.

Kami sadar bahwa meningkatkan knowledge dan skill investasi/trading saham adalah salah satu tujuan TETRA. Oleh karena itu saat market lagi gonjang ganjing kami berikan dua hadiah sekaligus.

Paket layanan yang super terjangkau dengan diskon 70% bagi pembelian semua paket

Video Tutorial edukasi saham yang bisa dipilih dari tiga alternatif yang kami sediakan

  1. Tutorial Teknik Cuan
  2. Tutorial Growth Investing
  3. Tutorial Trend Following

Hadiah Valentine ini akan kami berikan hari ini  jam 06.00 melalui aplikasi TETRA X CHANGE maupun landing page http://promo.tetraxchange.id dengan menggunakan kode promo FORLOVE

Happy Valentine from us to you. Semoga kekuatan cinta dapat mengangkat market segera pulih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *