Kemarin, IHSG ditutup melemah tipis 0,35% ke level 6251 pada perdagangan 24 February 2021. Pelemahan tidak terjadi di sektor Agri yang menguat 1,35% ke level 1447 dan sektor Finance yang menahan lajur penurunan IHSG menguat 0,46% ke level 1459. IHSG kembali memasuki fase sideways atau yang lebih ramah di sapa dengan kangguru market, bagaimana cara menghadapinya? Berikut tips untuk bertransaksi di market kangguru!.

kangguru market di IHSG

Sektor Mover IHSG Rabu 24 February 2021
Detail Market Summary Rabu 24 February 2021

Kangguru Market? Berikut Tipsny?

Sejak IHSG mengalami pelemahan yang cukup tajam, dimana IHSG pernah mengalami pelemahan selama 7 hari berturut-turut. Hal ini menjadi momok besar bagi investor ritel dimana di tahun 2020 pertumbuhan investor ritel cukup pesat yaitu sebesar 56% dari sebelumnya. Sejak terjadi pelemahan volume perdagangan turun drastis, banyak investor yang takut berinvestasi kembali karena banyak orang yang membicarakan bahwa IHSG akan crash kembali, IHSG turun dan rumor-rumor issu lainnya. Padahal tidak semua saham berkorelasi positif kuat terhadap IHSG dan juga ada saham yang berkorelasi negatif kuat terhadap IHSG.

Selain itu untuk menghadapi market yang sideways teman-teman bisa menggunakan metode day trading dan juga range trading.
Day trading adalah metode yang memanfaatkan euforia dari pergerakan market. Euforia yang umum terjadi dari faktor komoditas, ketika harga komoditas menguat tajam, investor dapat berspekulasi di saham yang komoditasnya menguat.
Berikutnya range trading, range trading adalah strategy trading dengan memanfaatkan volatilitas harga saham yang cukup lebar, seperti contoh ada saham yang bergerak sideways di area 505 hingga 535, secara persentasi range ini cukup lebar dimana jika teman-teman membeli di harga 505 dan menjual di harga 510, keuntungan dari range ini adalah kurang lebih hampir 1%. Fee transaksi umumnya adalah 0,15 untuk beli dan 0,25 untuk jual dan totalnya adalah 0,4%. Oleh karena itu ketika teman-teman mendapatkan keuntungan 1% maka bersih yang di terima adalah 0,6%. Walau tidak terlalu besar namun jika dilakukan dengan kuantitas trading yang banyak tetap akan membuahkan cuan yang cukup.

Di fase market seperti ini memang investor perlu jeli menghadapi pergerakan harga, hindari breakout buy karena tingkat false di kondisi kangguru akan lebih tinggi ketimbang speculative buy atau buy on weakness.

IHSG Bergerak Kangguru Lagi!

Momentum IHSG mulai landai, cukup rawan terjadi koreksi, tetap waspada terhadap support dan resistance dari IHSG, hari ini IHSG masih berpotensi di tutup mixed dan bergerak terbatas di area 6286-6157.

IHSG bergerak kangguru


Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini : MEDC ELSA AALI INKP TKIM ICBP BBNI  BMRI INDF BDMN LSIP   

Support – Resisten : 5700-6210

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 120.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *