Luar Biasa. Mungkin cuma itu kata yang bisa kita ucapkan kemarin saat Index melejit diatas level resisten 5015. Index bahkan sempat sentuh level 5103 sebelum ditutup 5070 atau naik +2.48%. Saham saham sektor perbankan menjadi pendorong utama index naik dengan power +4.45%. Hal ini ditopang oleh naik tingginya para market mover seperti BBCA BBRI BMRI dan BBNI.  Saham Bank Negara naik paling kencang hingga +13.64% dekati target price 4930-nya.

Analisis Daily Chart BBNI

S&P Juga Luar Biasa, Kini Sudah Lampaui Titik Impas Tinggalkan DJIA

Kabar kabar baik juga terus datang dari bursa global. Setelah NASDAQ mencapai level ATH-nya, kini giliran S&P500 bawa berita baik. Di perdagangan semalam index 500 saham NYSE dan NASDAQ ini naik +1.205 bertambah +38.46 ke level 3232. Posisi ini membuat index S&P 500 hapus semua kerugian yang sudah terjadi year to date dan kembali positif. DJIA pun hanya sedikit lagi dekati level BEP YTD nya, hanya sisakan -3.3% sebelum sampai ke titik impas.

Rebound nya saham saham penerbangan bawa keuntungan maksimal buat para trader. Sebagai contoh Delta +62% dan United +91%, padahal saham saham ini menjadi sasaran jual investor kawakan Warren Buffett. Jadi benar kalau ada yang bilang, krisis pandemi kemarin membuat terjadi pergeseran kekayaan. Saat investor lakukan cut loss, justru beberapa trader kawakan menangguk untung yang besar. Pelajaran utamanya adalah : menjadi INVESTOR atau TRADER itu adalah pilihan. Jangan bilang menjadi trader itu jelek, atau menjadi investor itu buruk. Toh tujuannya sama : PROFIT.

Walaupun harga minyak sudah stabil diatas USD 37 per barrel, namun masih banyak hal yang perlu dicermati. OPEC & Rusia sepakat untuk pangkas supply minyak 9.7 juta barrel per hari hingga bulan Juni ini. Namun ada pernyataan dari pemerintah Saudi bahwa mereka tidak akan lanjutkan progam pemangkasan sukarela di bulan July. Sebagai catatan sepanjang May dan Juni untuk prop-up harga minyak, Saudi dan UAE pangkas 1.18 juta barrel per hari di luar kesepakatan 9.7 juta pemangkasan supply. Hal ini membuat harga minyak semalam turun -3.44% menjadi USD 38.19 per barrel. Hari ini mungkin saham saham berorientasi minyak seperti MEDC dan ELSA akan volatile.

Kemarin Luar Biasa, Hari Ini Bisa Menjadi Biasa Karena Profit Takin Trader

Setelah kemarin menguat dan breakout level resisten 5015 hari ini masih ada potensi index untuk menguat apalagi sentimen global masih bagus dan  USD cenderung melemah. Naiknya Cadev yang ditopang oleh tarikan utang pemerintah dan penempatan valas perbankan di Bank Indonesia membuat Rupiah perkasa di level 13900-an terhadap USD. Hanya saja bentukan upper wick kemarin tandakan ada potensi profit taking apalagi index sedikit keluar dari area upper bollingernya.

Analisis Daily Chart IHSG

Secara trend IHSG masih cukup baik karena telah memiliki 3 support : 5015 – 4875 – 4796. MACD histogram pun masih arah positif. Hanya saja belum ada konfirmasi stochastic kembali dikuasai oleh kekuatan bull nya walaupun tetap di area 80 overbought. Manfaatkan moment hari ini untuk trading cepat terlebih dahulu, day trading atau intraday. Sedangkan untuk para swing trader bisa ambil posisi lagi setelah koreksi teknikal terjadi dan selesai.

IHSG hari ini akan bergerak dalam rentang 5040 – 5135 dengan posisi mixed konsolidasi. Waspada profit taking di saham saham yang sudah naik tajam diatas 10% bisa jadi sasaran para trader ambil untung.

Beberapa saham yang bisa diperhatikan untuk fast trading hari ini :

Kelompok PROPERTY : CTRA ADHI PWON SMRA WIKA WSKT PTPP

Kelompok FINANCE : BRIS BMRI BBTN BBRI BBNI BTPS

Kelompok Campuran : LPPF ERAA JPFA JSMR MEDC PGAS ADRO

Tone dan Manner Hari Ini :  Luar Biasa Buat IHSG Kemarin, Waspada Profit Taking Hari Ini

Support – Resisten  : 5040 – 5135

******

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di aplikasi TETRA SAHAM.

Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya

Murah banget, mumpung ada promo menjadi Rp 80,000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi.

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham

Untuk iOS sedang dalam proses approval team Apple sehingga pengguna iPHONE diharapkan tetap bersabar namun ada alternatif menggunakan Emulator Android di MACBOOK atau PC/LAPTOP untuk yang sudah pengen liat tayangannya https://sahamology.id/alternatif-buka-tetra-saham-di-pc-mac/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *