Setelah dari  tanggal 27 Januari IHSG keluar dari salah satu MA jangka menengah (intermediate) yaitu MA50, candle perdagangan kemarin membuat pijakan diatasnya. IHSG resmi memiliki 3 support  berdasarkan aturan MA : very short EMA7 – short MA20 dan intermediate MA50. Hal ini menjadi pertanda awal bahwa index mulai masuki fase uptrend. Optimisme pembukaan ekonomi global dan Indonesia serta harapan ada beberapa candidate vaksin COVID19 menjadi pemicunya.

Market Mulai Tunjukkan Fase Uptrend, Kembali Di Atas Level MA50

Setelah lebih dari 4 bulan terpuruk, IHSG  kemarin naik +1.77% seiring dengan sentimen global. Kenaikan +80 point ini membuat index  tutup di level 4626 dan berada diatas tiga support MA-nya. Bahkan saat ini sudah berada diatas MA50 intermediate Untuk pertama kalinya sejak 27 Januari 2020, IHSG cross over up MA50 di level 4579. Ini menjadi sebuah kabar baik. Sekarang tinggal menunggu formasinya rapih dimana urutannya EMA7 – MA20 – MA 50 terjadi untuk konfirmasi uptrend secara lebih permanent.

Candlestick IHSG vs MOVING AVERAGES

Kenaikan index kemarin ditopang oleh penguatan sektor MISC-IND +6.54% ditopang oleh sentimen ASII setelah berhasil dapatkan dana segar penjualan BNLI kepada Bangkok Bank. Transaksi yang direalisasikan sebelum libur lebaran ini menjadi salah satu alasan tingginya value perdagangan ditanggal 20 May hingga  40.4 trilyun. Total dana yang diraup oleh ASII hasil penjualan ini mencapai 16.38 trilyun dari total 33.28 trilyun yang dimiliki bersama dengan Standard Chartered.

Sektor lain yang mendukung kenaikan kemarin adalah BASIC-IND, FINANCE dan INFRASTRUCTURE. Ketiga sektor ini naik lebih dari +2% sehingga mampu imbangi turunya 2 sektor mini AGRI -0.56% dan PROPERTY -0.09%

Duo Indofood Merosot, Transaksi Asing Catat Net Sell -220 Milyar

Walaupun kemarin IHSG naik +1.77% namun asing justru catatkan net sell -220 milyar. Tapi tenang, transaksi net sell di pasar regular hanya -29.5 milyar. Besarnya catatan net sell ini tidak lepas dari transaksi di pasar nego saham SCMA sebesar -250 milyar dan ECII -34 milyar.

Bila kita melihat transaksi dari sektor sektor utama justru inflownya masih cukup deras. MISC-IND dengan motor ASII catat inflow +101 milyar, FINANCE +49 milyar  dan CONSUMER +35 milyar. Bahkan yang menariknya saham ICBP dan INDF yang terkoreksi ARB kemarin pun masih catatkan aksi net buy. ICBP mendapatkan +15 milyar dan INDF masih bisa kantongi inflow +21 milyar. Kekhawatiran akan transaksi pembelian saham Pinehill oleh kelompok usaha milik Anthony Salim tidak membuat investor asing catatkan aksi jual yang masif.

Beberapa saham yang alami inflow (dalam milyar)  : ASII +107 BNLI +49 BBCA +37 INDF +21  HMSP +17 dan ICBP +15 (semua di pasar regular)

Saham yang alami outflow (dalam milyar) : BBNI -42, MNCN -34, BMRI -34, UNTR -22, MAPI -22 dan GGRM -19 (semua di pasar regular)

Hari Ini Market Potensi Over Psikologis Disokong Oleh Penguatan DOW +529 point

Penguatan DOW JONES yang semalam break key resisten 25000 serta S&P key number 3000 akan membuat market hari ini over psikologis di awal perdagangan. Gunakan momentum ini untuk melakukan aksi profit taking di 30 menit pertama perdagangan. Akan terjadi aksi panic buying diharga tinggi. Setelah itu market akan mereda dan mulai mengassess kembali potensi potensi negatif seperti ketegangan China – Amerika dikaitkan dengan kebijakan politik di Hongkong.

Secar teknikal IHSG sudah memiliki 3 hal baik. Trend sudah diatas EMA7-MA20-MA50 sebagai support. Stoch memantul dari area 20 dan menuju break area 20 dengan bull taking over. Bila stoch berhasil crossing level 50 maka kekuatan akan menjadi lebih permanent. MACD histogram positif direction dengan  gap antara MACD line dan signal makin besar tanda penguatan.

Hari ini index potensi lanjutkan penguatan dalam rentang 4567 – 4694. Saham saham berikut dapat diperhatikan untuk fast trade/intraday : ADRO TBIG BBNI SMGR BBTN BMRI BRIS MNCN MEDC BTPS CPIN EXCL TCPI JSMR LPPF BSDE PGAS PTBA PWON BBRI AKRA INCO TKIM TPIA WIKA

Tone dan Manner Hari Ini : IHSG Punya Pijakan Diatas Garis MA50 Kembali, Potensi Penguatan Lebih Stabil

Support – Resisten  : 4567 – 4694

******

Aplikasi TETRA SAHAM sudah resmi rilis gantikan aplikasi TETRA X CHANGE yang lama.

Hapus aplikasi yang lama di handphone kamu.Download dan install yang baru untuk hape Android dan iPhone. Khusus untuk Android akan lebih optimal untuk perangkat yang sudah menggunakan version 8.0 ke atas

http://onelink.to/tetrasaham

********

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *