Kemarin IHSG gagal mengekor pergerakan sentimen global. Hanya naik tipis +3.4 point. Tertekannya sektor BASIC-IND dan FINANCE menekan kenaikan dari 3 sektor lainnya. Namun semua ini akan bisa berbalik hari ini. Harapan pembukaan ekonomi dan ekspektasi atas progress vaksin COVID membuat DOW naik lebih dari +900 point. Ini bisa picu aksi panic buying karena overpsikologis.

Asing Tetap Buang Perbankan -637 Milyar, Beralih ke INFRA dan ASII

Investor asing masih lakukan tekanan jual terhadap sektor FINANCE hingga -637 milyar. Sebagian dananya masuk ke sektor INFRA +44 milyar dan MISC-IND +36 milyar. Hal ini membuat 2 sektor tadi alami kenaikan +2.4% dan -0.7% sehingga mampu imbangi penurunan di FINANCE -0.7% dan BASIC-IND -1.9%.

Tiga bank besar BBRI BBCA dan BMRI tetap jadi sasaran jual dengan nilai -278 milyar, -242 milyar dan -71 milyar. Sedangkan 3 emiten yang menjadi sasaran beli asing kemarin adalah TLKM +54 MDKA +48 dan ASII +40 milyar.

Penguatan harga minyak menekan sektor BASIC-IND yang sudah naik cukup tinggi sepanjang bulan April lalu. Saham saham industi oleochemical yang punya bahan dasar oil ini menjadi penekan khususnya key playernya. BRPT turun -4.48% sedangkan TPIA juga terkoreksi -3.05%. Koreksi ini seiring dengan naiknya saham y ang diuntungkan oleh tingginya harga crude oil. MEDC dan ELSA bisa menguat dengan rentang 3%- 3.4%.

RUU Minerba dan Kompensasi PLN Buat Saham Batubara Melejit

Disahkannya RUU Minerba oleh DPR serta adanya kompensasi kepada PLN 45 Trilyun menjadi angin segar untuk saham saham produsen batubara. Tidak heran sektor MINING langsung menanjak +2.4%.

Karpet merah untuk pengusaha batubara oleh pemerintah sontak membuat saham saham unggulannya menanjak. ADRO naik +10.27%, PTBA +4.68%, ITMG +4.39%. Ketiga saham ini masih bisa dijadikan watchlist hari ini

Ekspektasi Vaksin dan Pembukaan Ekonomi Buat DOW Menguat +911 Point

Setelah remark dari Jerome Powell tentang kemungkinan tidak adanya depresi seperti tahun 1930an membuat market menguat, ada satu berita lain yang bikin market melejit.  Laporan awal tes vaksin yang dilakukan oleh perusahaan farmasi MODERNA tunjukkan hasil yang mengembirakan. Ini melengkapi hasil tes terhadap obat penyembuh COVID yaitu Remdesivir yang dibuat oleh Gilead.

Test yang dilakukan terhadap 45 orang dimana per kelompok 15 mendapatkan dosisi 25,100 dan 250 microgram. Berdasarkan sampel yang ada, pada hari ke 43 yaitu 2 minggu setelah mendapatkan dosis 25 microgram memiliki antibodi yang sama dengan orang yang telah sembuh dari COVID19.

Dua kabar ini disamping makin banyaknya negara yang mulai melakukan pembukaan ekonomi membuat bursa saham berkibar. Tiga index utama Wall Street naik tajam. DOW naik +911 point dan bertahan diatas level 24597, S&P naik +90 dan kini bertengger di atas 2953. Sedangkan saham saham teknologi NASDAQ naik +2.44% ke level 9234. VIX sebagai signal volatilitas dan fear di Wall Street turun ke level dibawah 30.

Naiknya harga minyak +8% ke level tertinggi selama 2 bulan USD 33.12 per barrel membuat saham saham energi di Amerika dorong Wall Street. Apalagi mulai kembalinya demand terhadap minyak dari China seperti sebelum krisis.

Market Akan Alami Over Psikologis dan Terjadi Panic Buying

Penutupan Wall Street yang naik tajam, serta kondisi pembukaan market regional yang alami gap up akan bawa IHSG over psikologis. Kemungkinan besar terjadi panic buying di awal sesi sehingga bawa index laju tinggi. Hal ini dapat dipergunakan oleh trader untuk melakukan profit taking atau sell on high.

Kondisi IHSG yang kemarin tertahan diatas level support 4441-4474 masih terkonsolidasi. Harapan adanya rebound bisa terjadi dengan satu catatan “aksi jual asing di saham perbankan mereda”

Beberapa saham yang bisa diperhatikan untuk trading cepat hari ini adalah INTP AKRA ANTM TBIG SMGR PWON BRIS PTBA CPIN MNCN GIAA INCO WIKA JSMR LPPF MEDC PGAS BTPS ADRO dan SCMA

Hindari dulu MDKA dan PSAB hari ini karena koreksi di harga emas.

Index berpotensi mixed menguat pada rentang 4440 -4625

Tone dan Manner Hari Ini : Tersengat Kabar Vaksin, Index Potensi Alami Over Psikologis dan Panic Buying

Support – Resisten  : 4440 – 4625

******

Aplikasi TETRA SAHAM sudah resmi rilis gantikan aplikasi TETRA X CHANGE yang lama.

Hapus aplikasi yang lama di handphone kamu.Download dan install yang baru untuk hape Android dan iPhone. Khusus untuk Android akan lebih optimal untuk perangkat yang sudah menggunakan version 8.0 ke atas

http://onelink.to/tetrasaham

********

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *