IHSG melemah 0,52% ke level 6277 pada perdagangan 17 Maret 2021. Melemah dengan hanya menyisakan 3 sektor yang menguat, IDX-Basic Menguat 0,26% ke level 1295 diikuti oleh sektor IDX-Infra menguat 0,47% ke level 902 dan IDX-Trans menguat 0,52% ke level 1071. IHSG telah melunasi Hutang gap yang beberapa hari ini membuat investor cenderung wait n see, akankah IHSG mantul? Atau malah lanjut turun melunasi Double Top?
Sektor Mover IHSG Rabu 17 Maret 2021
Detail Market Summary Rabu 17 Maret 2021
     

Akankah Penurunan IHSG Berlanjut Setelah Hutang Gap Ditutup?

Gap adalah kondisi dimana ketika harga pembukaan di suatu periode melompat atau dibuka melebihi level penutupan harga di periode sebelumnya. Hal ini terjadi baik lompat di atas maupun di bawah dari level penutupan kemarin. Gap terjadi karena ada kondisi over psikologi yang terjadi sehingga investor atau para pelaku investasi berfikir jika tidak membeli di harga yang lebih tinggi atau menawar di harga yang lebih rendah, maka investor tersebut akan kehilangan momentum.

Hal inilah yang menyebabkan harga melompat. Lompatan harga yang perli di waspadai adalah lompatan harga yang meninggalkan celah, karena ada beberapa gap yang meretrach harga sebelumnya sehingga tidak meninggalkan Celah.

Contoh Hutang Gap

Ilustrasi Gap
Dari kedua jenis ini, Gap yang meninggalkan celah cenderung akan di tutup hal ini disebabkan oleh euforia yang terjadi sehingga setelah investor berfikir rasional dan euforia mulai redah maka hal inilah yang menjadi penyebab gap harus di tutup, dalam beberapa kondisi ada gap yang tidak harus di tutup secara langsung, salah satunya adalah Break away Gap.

Euforia break away gap cenderung kuat dan bertahan cukup lama sampai trend berakhir, oleh karena itu break away gap jarang di tutup secara cepat / langsung. Dalam beberapa kondisi Gap juga bisa di jadikan titik Support dan resistance sehingga banyak kondisi setelah Gap di tutup maka akan berpotensi mengalami pantulan.

Untuk kondisi saat ini IHSG telah menutupi gap, walau belum memberikan tanda untuk memantul beberapa kondisi global malah cenderung mendorong IHSG untuk melemah lebih dalam untuk sementara waktu. Untuk kondisi IHSG saat ini cukup berbahaya karena IHSG membentuk pola double top dengan neckline di 6167. Waspada jika neckline di break karena potensi penuruna hingga 5800-5900.

Hutang Gap IHSG telah lunas

Analisa Daily Chart COMPOSITE

Tekanan Fed Belum Mampu Menahan Yield AS !

Yield 10th US kembali menguat 1,23% ke level 1,6410. Namu seiring Powell mengambil sikap dovish terhadap yield AS, secara tidak langsung yield sudah memasuki trend turun di kondisi 15m Chart. Hal ini berpotensi membuat penguatan kecil terhadap index yang memiliki negative korelasi. Ada sedikit harapan jika IHSG akan memantul hari ini. Gold dapat di pantau imbal dari efek The Fed.

US10Yr 15 Minutes Charts

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini : BBCA ERAA WIKA WSKT WOOD IRRA ADHI SIDO KRAS BBKP       

Support – Resisten : 5925-6322

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 120.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *