Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat tajam di perdagangan kemarin 16 Desember 2020, tercatat IHSG menguat 108,274 point atau 1,8% ke level 6118. Semua sektor mendukung kenaikan IHSG apalagi sektor Mining yang menguat cukup tajam 3,95% dan di susul oleh sektor Infrastructure yang menguat 3,57%. Hari ini ada yang menarik dari sentimen gold dimana secara chart pun Gold mulai menarik perhatian.

Sektor Mover IHSG Rabu 16 Desember 2020
Detail Market Summary Rabu 16 Desember 2020

Jika Gold Kembali Uptrend, Bagaimana Nasib Emitennya?

Gold mulai kembali menguat namun nampaknya hanya bersifat sementara, tekanan kenaikan hanya terjadi sementara dikarenakan investor menilai The Fed nampaknya bersikap dovish terhadap market sehingga menekang pergerakan Dolar AS. Hal ini yang membuat Gold menguat. Walau gold kecil kemungkinan kembali menguat tajam atau bahkan membentuk new high dari high di periode corona, namun masih ada kesempatan untuk emiten dalam negri mencetak kenaikan. Di indonesia banyak emiten yang core bisnisnya adalah gold, namun tidak semua memiliki korelasi positive.

Analisa daily chart Komodity gold

MDKA adalah salah satu saham yang korelasinya sangat tinggi terhadap pergerakan Komodity Emas. Kondisi saat ini MDKA berada di ujung tanduk untuk break All Time High di resistance 2120. Dengan dorongan gold yang menguat dikarenakan the fed masih dovish terhadap US membuat gold bisa terdorong naik dan MDKA bisa break ATH. Resistance terdekat di 2454 dan 2880 jika dapat terakselerasi.

Gold adalah Core bisnis dari Emiten MDKA

Analisa daily chart Saham MDKA

PSAB adalah salah satu saham yang juga memiliki korelasi yang cukup baik terhadap pergerakan komodity emas, namun sejak ada gejolak internal PSAB mulai tidak lagi berkorelasi. Sehingga kenaikannya kurang sejalan dengan komoditynya, namun bukan tidak dapat naik, PSAB pun justru salah satu saham yang masih lagging terhadap market. Dengan resistance kunci di 236 PSAB cukup menarik jika mampu break di area itu dengan target penguatan hingga 255 dan 290 jika dapat terakselerasi.

Gold adalah Core bisnis dari Emiten PSAB

Analisa daily chart Saham PSAB

Gold Menguat, US Dovish, Market Kembali Cerah?

Nampaknya market akan kembali menguat di dukung oleh sentimen dari global yang masih pro terhadap perkembangan saham. Target terdekat IHSG ada di 6228 dengan target akselerasi hingga 6628.

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini :SMGR TKIM CPIN ASII TLKM ISAT PTBA MIKA BTPS MDKA IRRA

Support – Resisten : 5795-6228

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *