Kemarin 20 Oktobero 2020 IHSG kembali melemah setelah dua hari membentuk candle reject, IHSG melemah 26 point atau 0,52%. Hal ini disebabkan tumbangnya emiten rokok dimana beberapa adalah indeks mover dari IHSG, tercatat HMSP melemah 5,67% di ikuti GGRM melemah 5,87% dan WIIM melemah 5,21%.

Sektor Mover IHSG Selasa 20 Oktober 2020

Sektor Mover IHSG Selasa 20 Oktober 2020
Detail Market Summary Selasa 20 Oktober 2020

Lagi-lagi Isu Cukai Yang Membuat Emiten Rokok Melemah

Isu cukai rokok akan kembali naik pada tahun 2021 menjadi sentimen negatif untuk saham-saham emiten rokok, Direktorat Jendral Bea Cukai (DJBC) dan Kementrian Keuangan (Kemenkeu) menunda pengumuman kenaikan tarif cukai hasil tembakau. Hal ini tentu membuat pelaku pasar merespon negatif terhadap ketidak pastian tersebut dan membuat saham-saham emiten rokok kembali melanjutkan trend utamanya ya itu melemah.

sektor consumer sebagai pemberat indeks

Analisa daily chart Sektor Consumer

PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM) ikut melemah setelah penentuan harga cukai rokok di tunda, walau ikut melemah tajam emiten ini justru tidak terlalu terdampak oleh cukai rokok, karena cukai rokok tidak berdampak besar bagi emiten WIIM karena dia lebih fokus memproduksi SKM ( Sigaret Kretek Mesin ), dengan di dukung harga murah permintaan untuk rokok SKM juga meningkat, oleh karena itu saham WIIM memiliki trend yang bertolak belakang dengan HMSP dan GGRM. Tercatat WIIM sudah menguat sejak awal April sebesar 284 point atau sekitar 355%.

emiten rokok wiim

Analisa daily chart saham WIIM

HMSP dengan adanya kebijakan cukai rokok, HMSP merasa tidak adil karena hal ini memihak bagi perusahaan yang produksi sigaret buatan mesin, oleh karena itu, kebijakan ini membuat HMSP membayar cukai paling besar dibanding perusahaan lain. Hal ini lah yang menyebabkan susahnya HMSP untuk kembali menguat .

emiten rokok HMSP

Analisa daily chart saham HMSP

Emiten Rokok Memimpin Penurunan IHSG

Tidak hanya sektor consumer terutama Emiten Rokok, beberapa sektor lain seperti Finance juga ikut melemah, setelah pengumuman pendapatan yang menurun, beberapa emiten di sektor finance nampak melemah, hal ini juga membuat IHSG tidak dapat kembali menguat setelah beberapa hari nampak menolak untuk turun.

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini : BULL PURA BNLI KPAS UNTR SMGR INKP UNVR BNLI ACES ROTI

Support – Resisten : 4754- 5187

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *