Dinamika penurunan IHSG masih terus berlanjut. Walaupun kemarin di hantam koreksi -4.41% namun level low 4639 nya masih bertahan. Sanggupkah IHSG tidak bentuk lower low hari ini ?

Perdagangan kemarin jelas menjadi hari yang tidak dapat dilupakan. Hampir 5x lipat jumlah saham yang turun dibandingkan yang naik : 351 emiten berbanding 69 emiten. Semua sektor kembali terkoreksi dengan INFRASTRUCTRE dan CONSUMER menjadi leadernya. Anjlok -5.97% dan -5.67%. Tidak ada sektor yang turun kurang dari -2.7%. Bahkan index LQ45 sebagai barometer saham likuid turun lebih dalam lagi -5.82%, belum lagi JII sebagai barometer saham syariah anjlok -6.04%. Namun yang paling terpukul adalah saham BUMN dalam IDXBUMN20 dan IDXV30 yang anjlok paling dalam -6.50% dan -6.67%. Khusus untuk IDXV30 nanti akan ada pembahasan lain. Kenapa saham yang sudah undervalue malah turun lebih dalam.

Asing Swap dari FINANCE dan INFRA ke Sektor Lain

Yang menarik walaupun index kemarin terpangkas dalam terjadi transaksi asing yang cukup tinggi di emiten DMND (Diamond Food) sebanyak 708 milyar di harga rataan 965 per lembarnya. Saham ini ditutup di level 955 tidak jauh dari hargaa transaksinya. Selain itu asing masih terus keluar dari sektor FINANCE dan INFRASTRUCTURE dengan value mencapai -549 milyar dan -141 milyar. Dengan BBRI TLKM BMRI BBCA dan BBNI menjadi yang paling banyak dilepas dengan rentang outflow -88 milyar sampai -225 milyar.

Namun asing catatkan inflow dari sektor MINING, MISC-IND, BASIC-IND dan TRADE. MINING dapat kucuran +140 milyar dan BASIC-IND kebagian +58 milyar. Saham yang menjadi incaran beli asing kemarin antara lain : MDKA, ASII, INKP, AKRA, BRPT, KLBF dan GGRM. Inflow ini terjadi baik dari pasar regular maupun dari pasar negosiasi.

DOW Koreksi 3000 Point, Tanda Last Blow Out ?

Wall Street alami hari terburuknya sejak krisis BLACK MONDAY 1987. DOW terkoreksi nyaris -3000 point dalam semalam. Dua index utama lainnya juga alami hal yang sama : S&P 500 terpangkas -11.98% dan NASDAQ amblas -12.32%. Bahkan VIX sebagai acuan volatilitas capai level 82.69 naik +42.99% .

Level ini bahkan lebih tinggi dari level saat krisis 2008 dan 2015. Bila ini menjadi semacam indikator bahwa market sudah mencapai titik volatilitas tertingginya maka index akan berangsur stabil. Tidak ada lonjakan naik turun bergantian dalam nilai drastis. Namun trend masih tetap turun sampai ketemu dengan ‘real bottom’

VIX Volatility Index

Pernyataan Trump bahwa kasus COVID19 akan berlanjut sampai Agustus 2020 menjadi semacam pengakuan “recession is coming”. Ini lah berita terburuknya. Market merespond dengan last blow out turun mencapai -3000 point. Artinya pemerintah meyakini dalam 2 quarter akan terjadi pelambatan ekonomi yang pasti sehingga resesi menjadi suatu yang hampir nyata.

Semoga kondisi ini akan membuat market menjadi lebih stabil, less volatile dan bergerak regular.

Index Akan Uji Kekuatan Support 4639 Apakah Terbentuk Lower Low

Hari ini index diproyeksikan akan menguji level support 4639 kembali apakah menjadi level bottom yang kuat atau bentuk lower low. Market akan nervous melihat pergerakan DOW semalam, namun akan melihat harapan juga setelah tahu ASX sebagai bursa pertama di Asia Pacific justu alami rebound lebih dari +1%. Apalagi ditopang adanya data after market Future yang mulai mengarah positif.

Support dan resisten hari ini  4530 – 5000

Pesan cuma satu : Jalankan strategi 2C : Cuci Tangan yang sering. Cari Duit yang rajin. Saat market membaik ada dana dan kita masih selamat

Tone dan Manner IHSG :  Apakah Semalam Jadi Last Blow Out DOW ? IHSG Uji Low 4639

Potensi Pergerakan :  4639 -5024

******

Banyak yang kebingungan saat porto trading berubah menjadi porto invest. Mungkin moment ini bisa jadi kesempatan untuk mereview kembali strategi trading dan investasinya. https://sahamology.id/ketika-trading-berbeda-dengan-investasi/

*******

Untuk memberikan kemudahan pembelajaran kepada semua investor dan trader saham. Dalam moment market bearish dan imbauan utk tetap di rumah selama penyebaran COVID19, kami akan berikan program baru.

Semua paket pembelajaran online Sahamology kami berikan diskon 50%.

Harga lama utk buku dan video tutorial yang awalnya 499,000 kami turunkan menjadi 249,000

Dapatkan melalui Offical Store kami di Tokopedia http://tokopedia.com/bukusaham

*******

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *