Beberapa waktu yang lalu, saya sudah mulai warning bahwa Rebound tengah berlangsung pada IHSG dan Bursa Global, sebenarnya hanya merupakan Dead Cat Bounce. Saya juga sudah warning bahwa Dead Cat Bounce itu, kemungkinan juga bakal berakhir. Kandasnya IHSG dan masuki rentang 5100-5200 menjadi tandanya.

Kemana Arah IHSG selanjutnya?

Nah.. di awal minggu ini, kita mendapat kabar kurang baik dari Crash yang terjadi pada Bursa Arab Saudi sebagai akibat dari kejatuhan harga minyak. Kalau kemudian ada yang bertanya: Kemana arah IHSG setelah Dead Cat Bounce ini… sejauh ini sih.. saya masih tetap berpegang pada skenario IHSG yang gambarnya pernah saya share dua minggu yang lalu.

Apakah ada alternatif skenario yang lain? Yang jelas saya masih tetap menggunakan beberapa skenario yang ada pada tulisan tersebut.

So.. tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali menunggu. Mau cut loss… sepertinya juga sudah lewat. Kalau anda mau cut loss hari ini, nanti malah anda harus berhadapan dengan volatilitas market jangka pendek, dimana takutnya: kalau anda kemarin gak disiplin untuk cut loss, nanti anda juga gak disiplin untuk baibek (melakukan posisi beli ketika harga kembali naik berbalik ke atas). Kalau mau, ya mencoba peruntungan dengan melakukan scalping trading. Tapi kembali lagi: keahlian untuk melakukan scalping trading tentu saja tidak bisa diperoleh secara cepat. Kalau kita tidak disiplin, jangan-jangan malah posisi nyangkut jadi semakin besar.

Scalping Trading hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah terlatih.

Harapan saya sih, derita ini segera berakhir. At least.. kalau IHSG ternyata harus sampai dibawah 5000, masa ‘IHSG dibawah 5000’ itu tidak berlangsung lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *