Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup kembali ditutup mixed di perdagangan kemarin 10 Desember 2020, tercatat melemah 10 point atau 0,18% ke level 5933. Pelemahan terdalam terjadi di sektor Consumer dimana sektor ini awalnya yang membawa IHSG bertahan di zona hijau, setelah pengumuman cukai rokok jadi naik di sesi 2 IHSG langsung rontok dan tutup di zona merah.

Sektor Mover IHSG Kamis 10 Desember 2020
Detail Market Summary Kamis 10 Desember 2020
  

Bagaimana Nasib Emiten Rokok Setelah Cukai Naik?

Pemerintah menaikkan tarif cukai hasil tembakau untuk tahun 2021 dengan besaran rata-rata 12,5%. Tarif sigaret kretek mesin (SKM) dan sigaret putih mesin (SPM) naik dobel digit, sementara sigaret kretek tangan (SKT) tidak naik sama sekali. Secara rinci, tarif cukai SKM golongan I lebih tinggi 16,9%, SKM IIA +13,8%, dan SKM IIB +15,4%. Kemudian, SPM golongan I naik 18,4%, SPM IIA +16,5%, dan SPM IIB +18,1%. Dengan kenaikan yang ternyata diluar ekspektasi investor, wajar saham rokok tumbang.

Laporan Penjualan Quartal III

GGRM adalah emiten yang harusnya paling terpukul dari kenaikan cukai, tercatat dia memiliki porsi 91% SKM ke total penjualannya dimana setelah tarif cukai naik maka beban cukai di emiten ini sangat lah besar. Dari segi trend pun GGRM nampaknya memang yang paling terpukul, tercatat kemarin melemah 3325 point atu 6,99% ke level 44275. Hal ini berpotensi berlanjut dengan support terdekat di area 39700.

cukai membuat GGRM ARB


Analisa daily chart Saham GGRM
WIIM dan HMSP sebenarnya cukup memiliki poris yang sama besar terkait SKT, namun untuk HMSP dia memiliki SPM dimana yang terkena imbas cukai juga, wajar kalau HMSP pun juga melemah tajam 125 point atau melemah 6,97% ke level 1670. Tidak seperti WIIM yang ditutup stuck 595. Walau WIIM tidak ARB, namun tetap waspada karena WIIM juga memiliki SKM yang juga mengalami kenaikan cukai, Support terdekat WIIM 535.

cukai tak membuat wiim melemah


Analisa daily chart Saham WIIM

Cukai Nampaknya Akan Kembali Membebani IHSG

Porsi saham Rokok cukup besar terhadap IHSG dimana HMSP memiliki porsi 2,84% dan GGRM memiliki porsi 1,24%. Walau tidak terlalu signifikan seperti FINANCE namun hal ini juga dapat membebani IHSG jika sektor lain tidak menguat.

IHSG melemah karena saham rokok terkna isu cukai

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini :BBCA INKP TPIA BMRI SILO JSMR ICBP ASII ACES  

Support – Resisten : 5557-5953

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *