Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) nampaknya menolak untuk turun lebih dalam, tercatat kemarin 1 Desembero 2020 IHSG menguat 112 point atau 2% ke level 5724. Penguatan IHSG di dukung oleh semua sektor yang juga menguat, penguatan paling tinggi datang dari sektor MISC-IND yang megnuat 3,91% disusul oleh BASIC-IND yang menguat 3,17% dan FINANCE menguat 2,8%. Malam ini ada News terkait Crude Oil Inventories dimana Forcastnya stock minus.

Sektor Mover IHSG Selasa 1 Desember 2020
Detail Market Summary Selasa 1 Desember 2020

Bagaimana Prospek Pergerakan Crude Oil ?

Crude oil atau minyak bumi adalah salah satu komodity utama dalam penggerak ekonomi global. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang sangaat ketergantungan dengan komodity ini, seperti transportasi dan pabrik-pabrik. Dengan fokus 2021 recovery ekonomi memang potensi dari komodity sangat baik, tidak hanya crude oil, komodity lain pun nasibnya sama seperti nickel, coal, metal dan mineral mining lainnya. Ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi pergerakan Crude oil, salah satunya adalah data inventories Amerika yang malam ini akan rilis, secara forcasting data berpotensi kembali dalam keadaan minus sebesar -2,358M atau lebih rendah dari data sebelumnya di -0,754M. Hal ini sebagai sentimen positif terkait pergerakan oil yang harusnya direspon dengan kenaikan crude oil.

Crude oil tes support


Analisa daily chart Komodity Crude Oil

Sebenarnya saham ELSA sudah pernah kita bahas dimana waktu itu target terdekat saham ini ada di area 328, dan sudah lunas di beberapa hari belakang, target selanjutnya ELSA berpotensi kembali menguat hingga 366 dan bahkan bisa terus terakselerasi hingga 412. Secara trend ELSA masih cukup kuat dengan bantalan support di EMA 7 ya itu 294.

ELSA berpotensi menguat karena sentimen crude oil

Analisa daily chart saham ELSA

MEDC juga sudah pernah di bahas di beberapa hari lalu, dimana waktu itu MEDC belum berada di area 500an, kondisi saat ini MEDC sedang menguji resistance di area 505-510 dan nampaknya kuat, target penguatan selanjutnya adalah di area 600 hingga 800 jika dapat terus terakselerasi.

MEDC berpotensi menguat karena sentimen crude oil

Analisa daily chart Saham MEDC

Crude Oil Berpotensi Menguat, Apakah IHSG Juga Demikian?

Walau saham-saham crude oil tidak terlalu besar bobot terhadap IHSG, namun seperti yang kemarin di bahas IHSG masih memiliki Upside namun tidak terlalu baik di bandingkan dengan downside dari IHSG, Fokus kedepan sebaiknya lebih fokus ke saham-saham yang masih tergolong lagging terhadap IHSG agar masih memiliki Upside yang lebar dan tidak terlalu terpengaruh oleh pelemahan IHSG.

Analisa daily chart COMPOSITE

Beberapa saham yang bisa masuk dalam watchlist hari ini :UNTR ASII AKRA INTP ITMG BBCA SMGR INKP TKIM BBNI ASII ELSA MEDC

Support – Resisten : 5557-5953

Belajar Saham Online 30 Hari Non Stop

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di situs www.tetrasaham.com/vod  Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *