Dahulu para pemula di bidang investasi saham kadang kala tidak mempunyai banyak pilihan ketika pertama kali membuka rekening saham. Bukan karena tidak mau ribet dalam mencari tahu sekuritas mana yang pas untuk pencapaian tujuan transaksi sahamnya. Pilihan bukan menjadi terbatas tapi cenderung tidak ada pilihan sama sekali karena keterbatasan akses baik informasi, tenaga sales (online/offline), maupun persyaratan dokumentasi yang diperlukan.

Namun dengan berkembangnya teknologi perangkat pinter, akses internet dan makin terbukanya pihak otoritas regulator dalam memberikan kemudahan pembukaan rekening kini semakin banyak pilihan  bagi para pemula saham.  Sistem online account opening yang melengkapi system online trading telah memanjakan nasabah baru di bursa saham sehingga tidak diperlukan lagi segala kerumitan yang dulu pernah dialami oleh para investor.

Dengan begitu banyaknya tawaran dari pihak sekuritas sekarang justru calon nasabah menjadi bingung mana sekuritas yang paling pas untuk menjawab kebutuhan mereka. Untuk mempermudah kami rangkumkan beberapa hal sebagai cek list bagi para pemula saham sebagai berikut

Biaya Transaksi Jual Beli

Kecil besarnya biaya transaksi jual beli akan mempengaruhi margin keuntungan (capital gain) yang dapat diperoleh saat terjadi jual beli. Mungkin untuk investor yang tidak terlalu banyak melakukan transaksi jual beli (berbeda dengan trader yang lebih sering aktif), biaya transaksi ini bukan menjadi masalah.

Biaya transaksi yang diterapkan oleh sekuritas umumnya berkisar antara 0.15%-0.18% untuk fee beli dan 0.25%-0.28% untuk fee jual. Jadi secara total fee transaksi berkisar antara 0.40% – 0.46% untuk roundtrip transaksi jual beli.

Ada sekuritas yang menerapkan  minimum fee apabila dalam satu hari transaksi kurang dari yang disyaratkan. Misalkan disyaratkan dalam satu hari bila terjadi transaksi total fee harus mencapai Rp 10000 bila kita hanya membeli 1 saham senilai Rp 2,000,000 dengan rate 0,15% yang seharusnya Rp 3000 akan dibulatkan menjadi Rp 10.000.

Rekomendasi  : Pilihlah sekuritas dengan fee yang paling rendah dan/atau tidak menerapkan minimum fee transaksi dalam satu hari.

Minimum Setoran Awal

Setoran awal bagi pembukaan rekening yang diterapkan oleh pihak sekuritas bervariasi ada yang mulai dengan 1 juta hingga 10 juta rupiah. Bahkan dalam beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak Bursa Efek Indonesia (IDX) dengan sekuritas untuk edukasi saham pemula khususnya di lingkungan kampus, setoran awal menjadi hanya Rp 100 ribu saja.

Ada pula sekuritas yang menerapkan aturan minimum setoran awal dikaitkan dengan besaran biaya transaksi.  Bila setoran awal mulai dari Rp 10 juta, fee transaksi 0.15%B dan 0.25%S. Sedangkan bila setoran awal hanya Rp 1 juta, fee transaksinya menjadi 0.18%B dan 0.28%S.

Rekomendasi : Pilihlah sekuritas dengan setoran awal Rp 1 juta

Proses Pembukaan Rekening Saham

Awalnya pembukaan rekening saham sangatlah rumit. Selain dokumen yang berpuluh-puluh lembar dengan paraf dan tandatangan basah di atas materai, banyak sekali istilah istilah yang sulit dimengerti oleh investor pemula apalagi pada bagian syarat dan ketentuan (walaupun hal ini tidak dibaca detail dan hanya di paraf saja). Belum lagi bila dokumen harus dikirimkan ke Jakarta (atau kantor Cabang Sekuritas) untuk pemrosesan, butuh waktu dan biaya tambahan.  Biasanya sejak proses pendaftaran hingga RDN dan akun jadi diperlukan lebih kurang waktu 1 minggu. Itu bila kondisi normal, bila ada ketidaksesuaian data, informasi dan contoh tandatangan prosesnya bisa saja menjadi lebih lama apalagi bila menunggu dokumen baru disampaikan.

Sekarang ada proses pendaftaran online yang mudah dengan system simplified KYC (know your customer) dimana tidak lagi diperlukan dokumen dan tandatangan basah. Semua proses dilakukan secara online asalkan menggunakan E-KTP dengan NIK yang terkoneksi ke pusat data DUKCAPIL. Proses tandatangan digital (digital signature) serta keterhubungan dengan bank penyedia RDN menjamin kecepatan proses. Saat ini salah satu sekuritas yaitu PT MNC Sekuritas bahkan bisa memberikan express service bila pendaftaran diisi benar dan lengkap disampaikan sebelum jam 12.00 maka rekening bisa jadi pada hari yang sama.

Rekomendasi : Pilihlah sekuritas yang mendukung program online account opening dengan system simplified KYC dan digital signature

Ketersediaan Aplikasi Mobile baik untuk iOS dan Android

Salah satu keunggulan investasi saham adalah semua dapat dilakukan melalui handset atau terminal pintar. Analisis dan perintah jual beli dilakukan dari genggaman dan dilakukan dimana saja.

Oleh karena itu sekuritas yang menyediakan aplikasi mobile dengan User Interface yang baik dan User Experience yang nyaman menjadi sebuah keharusan. Selain itu ketersediaan informasi, riset dan analisis juga menjadi sebuah nilai tambah disamping adanya fasilitas signal penguatan dan pelemahan sebuah saham.

Untuk pengguna MACBOOK kadang alami kesulitan untuk akses aplikasi trading melalui notebook, oleh karena itu menjadi alternative bila sekuritas juga memiliki akses WEB TRADING HTTPS.

Beberapa sekuritas ada yang menerapkan biaya akses informasi pasar  (market info) yang dikaitkan dengan minimal besar transaksi per bulan. Biaya market info biasanya Rp 16.500 bila transaksi per bulan kurang dari Rp 100juta, free bila tidak ada transaksi.

Rekomendasi : Hampir semua memiliki fasilitas mobile trading yang baik, namun pilihlah yang tidak terapkan biaya market info alias free

Saat ini TETRA DIGITAL telah memiliki 4 sekuritas mitra untuk pembukaan rekening, ada dua yang memiliki fasilitas online account opening yaitu MNC Sekuritas dan RHB Sekuritas. Selain itu kedua sekuritas ini juga telah memiliki pilihan untuk akun trading Regular maupun SOTS (Shariah Online Trading System) sehingga dapat menjadi alternative pilihan bagi pemula saham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *