Investor kemarin dikejutkan dengan sudden drop dari beberapa saham saat penutupan. Setelah beberapa saham unggulan dibanting turun pada sesi pre-closing di ‘kamar gelap” antara jam 14.50 – 15.00. Beberapa saham yang menjadi korban bantingan ini adalah BBCA, UNVR, ASII, BRPT, CPIN, INTP, INKP. Kejadian ini membuat index pun terseret turun ke level -1.25% dan tutup di level 4925. Kelompok saham BASIC-IND dan MISC-IND serta CONSUMER menjadi  yang paling tinggi catatan koreksinya pada rentang -1.59% hingga -3.63%.

Detail Market Summary 18 Juni 2020

Pergerakan harga kemarin membuat index sedikit dibawah level support EMA7 4926. Kondisi ini seharusnya tidak terjadi bila bantingan di  “kamar gelap” tidak ada. Surprise drop kemarin tidak membuat stochastic menjadi alami perubahan. Tetap berada di rentang 50-80 dengan posisi %K line on top of %D line tandakan masih ada kekuatan bull. Hanya saja MACD histogram kembali ke arah negatif (negative direction) namun belum terjadi dead cross.

Klaim Pengangguran Masih Di Atas 1 Juta, Wall Street Ditutup Mixed

Penutupan bursa global semalam mixed dengan DJIA negatif dan S&P dan NASDAQ positif. Masih tingginya angka claim benefit pengangguran Amerika di atas 1 juta selama 11 pekan membuat market meradang. Walaupun angka cenderung turun dan kini pekan lalu hanya 1.5 juta orang namun lebih tinggi dari ekspektasi analis 1.3 juta orang. Selain itu kekhawatiran peningkatan kasus baru di Texas, California dan Arizona menjadi faktor yang menahan investor untuk lebih agresif.

Di sisi lain kesepakatan antara team runding OPEC + Rusia mensepakati untuk mematuhi pemangkasan kuota supply minyak. Apalagi market masih dibayangi lemahnya demand bila kasus COVID di Amerika dan Beijing bertambah. OPEC+ telah sepakat untuk pangkas supply 9.7 juta barrel per hari yang setara dengan 10% supply sejak 1 May 2020. Kepatuhan atas kesepakatan ini membuat harga minyak merangkak naik, WTI naik +88 cent atau +2.32% ke level USD 38.84 per barrel. Hal ini dapat menjadi sentimen positif bagi saham saham MINING dan energi related seperti MEDC ELSA PTBA ADRO INDY.

IHSG Akan Mencoba Recovery dengan Riding Sentimen Penurunan Bunga Acuan BI

Hari ini index diproyeksikan akan mixed di rentang konsolidasinya 4754 – 5015 dengan kecenderungan untuk recovery. Penurunan suku bunga yang dilakukan oleh BI kemarin dapat menjadi katalis untuk sektor PROPERTY INFRASTRUCTURE dan CONSUMER. Suku bunga acuan dipangkas 25 bps menjadi 4,25%  diharapkan bisa memberikan kemudahan perbankan untuk melakukan ekspansi kredit di tengah kondisi pemulihan ekonomi yang terpukul karena COVID19.

Analisis Daily Chart IHSG

Target hari ini index bisa berhasil masuk kembali ke level EMA7 support yang hari ini sudah menjadi resistennya. Penting agar index kembali punya pijakan jangka pendek untuk tetap dalam trend kenaikannya. Level support dan resisten untuk hari ini pada rentang 4833 – 5017

Beberapa saham yang bisa diperhatikan untuk trading cepat hari ini : SMRA SCMA ISAT KRAS serta saham saham  yang kemarin dibanting seperti BRPT INKP INTP CPIN BBCA untuk Sell On Strength saat terjadi recovery

Top Pick Sectoral : INFRA PROPERTY CONSUMER

Tone dan Manner Hari Ini :  Bantingan Kamar Gelap Buat Index Merah, Bagaimana Potensi Hari Ini ?

Support – Resisten  : 4833 – 5017

INFO MINI CLASS SAHAMOLOGY

Telah dibuka tiga kelas bundling untuk mereka yang hendak develop skill dan knowledge trading dan investasi saham

Kelas Investing, Swing Trading dan Intraday Trading  akan dimulai bulan Juli 2020.

Langsung book kelas kelasnya di LOKETCOM pada alamat http://loket.com/o/sahamology

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *