Market bergerak dinamis dan volatile sepanjang pekan lalu. Diawali dengan koreksi -2.8% lalu menanjak dan kemudian turun -0.7% di hari Jumat. Hal ini membuat index dalam weekly timeframe membentuk long legged doji. IHSG telah reject area support EMA7 weekly 5055 dan horizontal live 4975.  Tegangnya kondisi politis antara China – Amerika akan jadi hal yang bayangi pergerakan index pekan ini. Index berpotensi aktif dan volatile. Bisakah index tetap bertahan dalam koridor uptrend hingga ke level 5293-5490 ?

Analisis Weekly Chart IHSG

Dinamisnya index selama pekan lalu tidak terlepas dari aktifnya outflow investor asing. Investor asing tidak pernah catatkan inflow sama sekali. Bahkan pada hari Senin dan Jumat melakukan aksi jual yang masif di atas -1.3 trilyun.  Di pasar regular asing catatkan net sell hingga -2.81 trilyun. Bila ditambahkan dengan pasar tunai nego maka totalnya mencapai -3.3 trilyun. Sektor INFRA menjadi yang paling besar catatan outflownya hingga -2.19 trilyun. Hal ini tidak terlepas dari aksi jual di saham TOWR -1.13 trilyun dan TLKM -400 milyar pekan lalu.

Pergerakan IHSG dan Net Buy Sell Asing Sepekan

Saham yang menjadi sasaran jual asing : TOWR BBRI TLKM BMRI HMSP PWON SMRA

Saham yang menjadi sasaran beli asing : ICBP MDKA ANTM INDF PTBA BBNI CPIN

Asing menjadi sangat cautious dengan market karena banyaknya hal positif dan negatif dari data ekonomi yang dirilis. Terjadinya deflasi dan pertumbuhan ekonomi yang kontraksi -5.3% membuat worry. Selain  itu pertambahan kasus COVID baru diatas 2400 juga mentrigger kekhawatiran investor. Walaupun ada kabar positif dari cadangan devisa yan naik ke level USD 135,1 milyar namun itu tidak ditopang oleh inflow karena aktivitas investasi dan ekspor. Kenaikan ini lebih dipengaruhi oleh penerbitan global bond dan penarikan pinjaman pemerintah. Jadi wajar pada hari Jumat market juga bergerak negatif turun -34.38 point yang setara dengan -0.66%

Detail Market Summary Jumat 7 Agustus 2020

Perhatian Ke Amerika – China Serta Program Recovery Ekonomi Indonesia

Di akhir pekan ada dua kabar tak sedap dari White House. Donald Trump keluarkan executive decision untuk mem-banned aktivitas antara business Amerika dengan Tiktok dan WeChat. Selain itu karena terjadi deadlock pembahasan di Congress tentang lanjutan stimulus ekonomi bantuan langsung tunai, Trump juga keluarkan executive decision pemberian 400 dollar BLT. Dua hal ini jelas akan picu ketegangan politik dalam negeri dan luar negeri Amerika.

Dari dalam negeri market menanti kelanjutan stimulus ekonomi termasuk rencana pemerintah membatalkan konsep bank jangkar. Selain itu turunnya Gaji ke-13 bagi  ASN, TNI Polri dan Pensiunan yang akan mulai didistribusikan hari ini akan punya impact positif bagi sektor TRADE dan CONSUMER.  Sukses trial phase 3 vaksin coronavirus juga akan menjadi faktor yang membuat market dinamis khususnya saham farmasi seperti KAEF INAF (dua saham ini lepas suspensi hari ini ), PEHA dan KLBF. Apalagi bila trial phase 3 ini sukses maka Biofarma sebagai induk BUMN Farmasi memproduksi lebih dari 100 juta dosis vaksin mulai awal tahun depan.

Analisis Daily Chart IHSG

Secara teknikal index di hari Jumat alami rejection support EMA7 daily di 5122.  Hari ini ada potensi index mixed terkonsolidasi berusaha untuk kembali di atas posisi 5157. Selain itu index juga telah reject area support FIBO50 di 5130 sehingga dapat dipastikan posisi cukup kuat.

Beberapa saham yang bisa masuk watchlist hari ini : KAEF INAF PEHA KLBF BNLI SKRN RALS ASII BTPS TBLA ERAA INKP TKIM BRIS KRAS TCPI TINS BSDE  BBNI BBRI BBCA

Tone dan Manner Hari Ini :   Amerika Banned WeChat, Market Potensi Volatile Di Tengah Banyak Kabar Positif Dalam Negeri

Support – Resisten  :  5082 – 5248

Buka Rekening MNC Sekuritas, Free TETRA SAHAM Apps 88 Hari

Karena masih banyak berminat utk buka rekening MNC Sekuritas dengan bonus free 88 hari (3 bulan) maka kita akan berikan kesempatan utk 200 orang yang hendak buka rekening baru hingga Senin 10 Agustus 2020 jam 17.00

Pastikan masukkan kode sales M01 saat pendaftaran

Detail cara pendaftaran rebrand.ly/carabukamnc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *