Jelang libur panjang yang berakhir kemarin index terpangkas -0.42% dan terkonsolidasi. Pelaku pasar cenderung lakukan aksi profit taking dan posisi aman mengingat behaviour market yang tidak bisa diprediksi. Di akhir pekan ada kabar gembira dari Erick Thohir setelah wakili pemerintah untuk amankan 50 juta dosisi vaksin besutan Sinovac bagi rakyat. Apakah ini jadi pendorong saham KAEF INAF PEHA aktif ? Mengingat Biofarma sebagai induk BUMN Farmasi menjadi leader dalam pengadaan ratusan juta vaksin ini.

Sektor INFRA Terus Dibuang Asing, TLKM JSMR dan FREN Paling Tertekan

Setelah 6 hari berturut turut di zona hijau index akhirnya rehat karena faktor libur panjang. Pelemahan sektor MISC-IND BASIC-IND dan INFRA menjadi penekan utamanya. Secara sektoral hanya 2 yang menguat tipis  yaitu TRADE dan MINING tak mampu jaga index hijau. Jumlah saham  yang turun juga lebih banyak 243 berbanding 162 yang naik. Bahkan dari Top 10 Market Mover hanya BBRI yang tetap naik, mayoritas lain melemah. SMMA TLKM ASII pimpin pelemahan market. Di sektor BASIC-IND semua saham unggulannya terperosok mulai dari CPIN SMGR INKP turun lebih dari -2%.

Index & Sektor Mover 19 Agustus 2020

Aktivitas investor asing juga cenderung ambil aman. Catatkan net sell -325 milyar dengan sektor INFRA menjadi yang paling bayang dijual hingga -259 milyar. TLKM dan BBNI menjadi yang paling banyak dilepas asing masing masing -166 milyar dan -167 milyar. Ditambah lagi FREN -34 milyar dan JSMR -30 milyar membuat sektor INFRA paling terpukul. Investor asing masih catatkan inflow di sektor FINANCE +32 milyar setelah BBRI berhasil net-off penurunan BBNI dengan terjadi net buy sebanyak +236 milyar. Ini jadi penyelamat bagi sektornya. Saham lain yang dapat suntikan dana asing adalah PTBA +47 milyar, UNTR +28 milyar dan CTRA +12 milyar

Detail Market Summary Rabu 19 Agustus 2020

Erick Thohir dan Menlu Amankan Stock 50 Juta Vaksin Dari Sinovac Untuk Biofarma

Perburuan akan vaksin anti virus corona mulai  capai titik terang. Pada tanggal 20 Agustus 2020 pemerintah Indonesia yang diwakili oleh BUMN PT Biofarma tandatangani kesepakatan dengan Sinovac China. Dalam Prelimenary Agreement of Purchase oanf Supply of Bulk Production of Covid-19 Vaccine ini, Biofarma akan terima konsentrat vaksin sebanyak 50 juta dosis. Pengiriman akan dilakukan bertahap  mulai dari 10 juta di bulan November 2020 hingga Maret 2021 dengan jatah 10 juta per bulan.

Setelah dari China rombongan Menteri BUMN dan Menlu melawat ke Uni Arab Emirat untuk kerjasama farmasi dengan negara teluk. Dalam kesempatan ini ditandatangani MOU tentang pengembangan vaksin dan penyediaan alat tes virus corona. KAEF akan berfokus kembangkan produk produk vaksin termasuk uji klinis, permasaran dan distribusi. Sedangkan INAF akan fokus pengembangan tes kit intelligence berbasis laser untuk melakukan tracing bagi mereka yang  terpapar COVID.

Kepastian ini menjadi sebuah katalis positif bagi saham saham farmasi BUMN seperti KAEF INAF dan PEHA. Apalagi dua emiten pertama adalah anak usaha dari Biofarma sebagai holding BUMN Farmasi. Bila distribusi vaksin ini melalui dua emiten KAEF dan INAF maka akan menjadi sentimen positif bagi keduanya.

Secara teknikal sendiri saham KAEF berada dalam rentang konsolidasi yang lebar antara 2950-3550. Ini seperti menunggu kabar baik saja setelah terkoreksi rehat sejenak setelah naik tinggi dan sentuh level upper bollinger 3320. Didukung lagi saham KAEF tertahan di area MA5 sehingga menjadi signal bahwa saham ini dijaga trendnya sambil menunggu gong berita yang bisa gerakkan sentimen pasar. Selama berada di atas level 3305 saham ini masih layak untuk di buy hold. Target penguatan 3330-3550-4100

Analisis Daily Chart KAEF

Hal yang sama terjadi juga dengan INAF. Setelah sentuh level upper bolinger dan terkonsolidasi pasca suspensi 1 hari bursa terlihat dijaga untuk tidak turun dibawah level support MA5. Pekan lalu saham ini tertahan diatas level 3315 menunggu katalis kepastian jadwal penerimaan bulk vaksin dari Sinovac yang ditandatangani kesepakatannya hari Kamis. Tepat saat bursa mulai libur panjang. Selama berada diatas level 3315 saham ini masih layak untuk buy dan hold. Target penguatan 3540-3835-4020.

Analisis Daily Chart INAF

Biden Resmi Jadi Calon Presiden Demokrat, S&P dan NASDAQ Sudah Break High

Kandidat Presiden dari Demokrat resmi diumumkan. Joe Biden yang berumur 78 tahun akan menjadi penantang Presiden Trump dalam pemilu November. Biden yang merupakan Wapres era Obama memilh Kamala Harris yang berusia 55 tahun sebagai pasangannya. Kombinasi White-Colored, Man-Woman, Aged-Young ini jelas punya daya tarik bagi lebih banyak pemilih yang inginkan perubahan di Amerika setelah selama 4 tahun dibawah kepemimpinan Trump.

Market global dalam penutupan Jumat juga cukup sumringah. DJIA naik +0.69%, S&P 500 dan NASDAQ kembali lanjutkan berada di zona positif tahun ini setelah naik +0.34% dan +0.42%. S&P VIX sebagai ukuran volatilitas market dan ketakutan pasar terus turun hingga level 22.54 (semakin rendah angka semakin bagus). Penguatan bursa saham menjadi pukulan bagi harga emas yang capai level terendah sepekan setelah kembali turun dibawah level USD 2000 per troy ounce. Kini GOLD diperdagangkan di level USD 1944 per troy ounce nya.

Setelah libur panjang animo investor untuk belanja belanja berpotensi tinggi. Kabar vaksin Sinovac, stimulus pulsa Rp 200ribu sampai pemberian BLT Rp 600ribu dapat jadi trigger yang gerakkan market. Belum lagi positifnya trade balance yang diumumkan pekan lalu bisa jadi sentimen gerakkan pasar bersamaan dengan dijaganya bunga acuan 4% dan tertahannya rupiah.

Analisis Daily Chart IHSG

Hari ini index akan bergerak dalam rentang konsolidasi 5244-5316 dengan potensi mixed menguat. Index masih dalam koridor uptrend dengan level support EMA7/MA5 dan MA20. Beberapa saham yang bisa dijadikan pantauan hari ini : AGRO BMTR SMRA BRPT BRIS BBRI PWON PGAS IMAS ERAA BSDE LPCK TDPM MARK INKP TKIM UNVR BMRI BBCA

Tone dan Manner Hari Ini :  Kepastian Delivery Vaksin Sinovac Jadi Katalis Buat Saham KAEF dan INAF

Support – Resisten  :  5230 – 5369

******

Dapatkan video video edukasi terbaik SAHAMOLOGY di aplikasi TETRA SAHAM. Ketinggalan workshop mini class ? Bisa beli videonya dengan skema rental 30 hari

Ikut workshop tapi lupa beli paket dengan playback ? Bisa juga beli Video On Demand nya. Murah banget. Cuma Rp 100.000 dengan rata rata durasi 2 jam edukasi

Topiknya mulai dari Scalping, Psikologi Trading, Investasi dan Fast Trading.

Download dan install update terbaru ini dari link http://onelink.to/tetrasaham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *