Asing Lakukan Inflow +900 Milyar Di Sektor FINANCE Hingga Naik +3.92%

Kemarin IHSG naik tajam +1.6% dan ditutup pada level 4716.18. Ada 195 saham naik dan 194 turun. Kenaikan ditopang oleh penguatan signifikan dari sektor FINANCE +3.92% dan sektor MISC-IND +3.14% karena faktor ASII.

Saham BBCA memimpin kenaikan sektor IHSG dengan menguat +6.64%  setelah bersama BBRI menjadi yang paling besar alami inflow dari investor asing. BBCA kebanjiran +514 milyar dan BBRI + 502 milyar. Total catatan net buy asing kemarin cukup tinggi +437 milyar dengan sektor FINANCE menjadi yang terbesar +963 milyar. Catatan net sell tertinggi dari sektor CONSUMER-413 milyar dimana ICBP menyumbang outflow -341 milyar.

Cek detail lain di Market Summary 28 Mei 2020

Bursa Global Mundur Menanti Kebijakan Trump Terkait China – Hongkong

Penguatan IHSG membuat index breakout level resisten  4667  dan posisi candle sekarang sedikit di luar dari upper bollinger 4711. Bentukan candle yang sisakan upper wick tandakan index potensi terkonsolidasi.

Potensi konsolidasi ini terjadi karena catatan koreksi bursa global semalam.DOW turun -147 point ke level 25400, tetap berada diatas level harga kunci 25000. Hal yang sama juga terjadi pada S&P 500 dan NASDAQ yang turun -0.21% dan -0.46%. Hari Jumat ini Presiden Trump akan melakukan keterangan press terkait dengan China dan Hongkong setelah Pemerintah Beijing setujui proposal keamanan baru untuk Hongkong.

Bursa juga akan alami long weekend karena hari Senin akan libur rayakan Hari Kelahiran Pancasila. Kondisi global yang masih panas dingin serta belum pastinya pembukaan kembali pasca PSBB 4 Juni akan membuat investor cenderung ambil posisi aman untuk profit taking sebagian.

Jadwal Libur Bursa Indonesia Juni – Agustus 2020, (Sumber IDX)

3 Indikator Positif, IHSG Potensi Mixed Konsolidasi

Secara teknikal kondisi IHSG masih baik. Indikator stochastic mengkonfirmasi berhasil cross over area 50 dan kini di area mid-overbought. Arah stochastic masih tunjukkan kekuatan bull yang dominan terhadap bear. MACD masih positive direction tandakan potensi penguatan trend berlanjut. Setelah alami Golden Cross, range dari MA 20 4582 dan EMA 7 4618 semakin lebar tandakan dalam jangka pendek kenaikan harga bisa berlanjut.

Chart Analisis Teknikal IHSG

Naiknya harga harga komoditas energi dan mineral bisa bawa sektor MINING aktif setelah kemarin terkoreksi -0.27%.   Naiknya harga minyak, nikel, timah dan emas bisa mendorong saham saham yang berkorelasi menjadi aktif seperti INCO PSAB MDKA TINS ANTM ELSA dan MEDC.

Indeks hari ini berpotensi mixed konsolidasi pada rentang 4656 – 4759 dengan top pick di sektor FINANCE  BASIC-IND dan TRADE

Beberapa saham yang dapat dijadikan watchlist untuk trading cepat hari ini : ERAA BTPS BMRI SMGR BBTN BBRI AKRA CPIN PTPP ADRO SCMA WIKA TKIM JSMR MEDC

Tone dan Manner Hari Ini : Setelah Menguat 1,6% dan Break Resisten 4667, IHSG Berpotensi Mixed Terkonsolidasi

Support – Resisten  : 4656 – 4759

********

Masih ragu dengan halal nya investasi di bursa saham ? Join edukasi Mini Class Sahamology bareng Bpk Muhammad Teguh (Dewan Syariah Nasional) tanggal 4 Juni 2020. Daftar webinarnya sekarang https://www.loket.com/event/halalharamsahamology

*********

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *