Kemarin IHSG  kembali tutup di zona merah setelah ditutup turun tipis -0.18%. Sempat ditekan sampai level 5195, IHSG melaju setelah saham saham BASIC-IND INFRA dan TRADE alami penguatan. Namun penguatan tiga sektor ini tak mampu halau anjloknya FINANCE -1.04% yang tekan index turun ke level 5230. Perdagangan relatif sepi hanya 6.068 trilyun dengan 98.76 juta lot saham dipertukarkan.Koreksi IHSG dalam 4 hari terakhir membuat chart teknikal berpotensi untuk DEAD CROSS MA.

Kondisi mixed sektoral ditandai dengan 5 sektor alami kenaikan dan 4 sektor alami koreksi. Jumlah saham yang turun masih lebih banyak dari yang naik : 222 berbanding 189. Tak heran IHSG nya juga ikut tertekan. Masih derasnya outflow asing menjadi salah satu sebab index turun. Apalagi aksi jual ini dilakukan di saham saham dengan kapitalisasi besar yang jadi heavy weight IHSG. BBCA menjadi yang paling deras outflownya -252 milyar dan anjlok -1.49%. BBRI -89 milyar turun -1.13%. BMRI -85 milyar dan turun -1.27%.  Aksi net buy hanya mini dan terjadi di saham saham seperti MEDC TOWR INDF LPPF dan ADRO.

Detail Market Summary Senin 7 September 2020

Apakah Saham INKP BRPT INTP  dan TLKM Bisa Dilirik ? Bagaimana Trading Plan  Saham Tersebut ?

Kemarin 2 sektor yang menjadi penahan koreksi dalam IHSG adalah BASIC-IND dan INFRASTRUCTURE. Kenaikan signifikan saham saham utama sektor nya membuat koreksi IHSG yang sempat sentuh 5195 tertolong tidak terlalu tajam.

Saham saham kimia, pulp dan semen kemarin menjadi penopang IHSG. Saham TPIA BRPT menjadi pendorong dari industri kimia. SMGR dan INTP dorong dari sisi semen. Sedangkan INKP support dari sisi pulp. Sedangkan TLKM dan TOWR menjadi penahan di sisi INFRA.

Apakah saham saham tersebut bisa kita perhatikan lagi hari ini

TLKM : saham ini sudah tidak lagi bentuk low 2860 sehingga dapat dijadikan sebagai support stop lossnya. Beli setelah punya pijakan EMA 7 dengan target terdekat 2990

Analisis Daily Chart TLKM

BRPT : mirip dengan TLKM sudah tidak bentuk low 770 dan jadikan sebagai stop loss. Beli setelah punya punya pijakan trend EMA 7 dengan target terderkat 935

Analisis Daily Chart BRPT

INKP : memantul dari area lower bolinger untuk menolak trend turun berlanjut. Support 8500 dengan target 9275.

Analisis Daily Chart INKP

INTP : reject area support 11640 dan break resisten pertama 11800. Jadikan 11800 sebagai stop loss dengan target 12375

Analisis Daily Chart INTP

Garis Moving Average Jelang Dead Cross Tanda Downtrend. Bagaimana Strategi Trading Kita ?

Koreksi IHSG sejak gagal break area 5381 membuat index berkecenderungan turun dan terkoreksi. Pukulan terhadap index di akhir bulan Agustus bawa candlenya keluar dari area support EMA7.Hari  Jumat  saat index turun nyaris -0.8%  black candlenya juga keluar dari area support MA20. Posisi candle kemarin yang berbentuk spinning top dengan lower wick panjang konsisten dibawah 2 EMA/MA nya. Tanda downtrend.

Analisis Daily Chart IHSG

Saat ini kita hanya menunggu konfirmasi apakah 2 garis EMA 7 dan MA20 akan  berpotongan ke arah bawah yang disebut sebagai DEAD CROSS. Kondisi ini menandakan short term downtrend bila terjadi. Sejak kenaikan secara permanen di akhir Mei 2020, IHSG sudah alami 2x kondisi (nyaris) dead cross dan alami sideways. Periode Week4 Juni dan Week1 Agustus 2020. Pada periode itu kondisinya sama dengan saat sekarang dimana ada sektor yang digunakan naik turun bergantian untuk jaga index konsolidasi. Kondisi ini bisa saya terjadi di pekan pekan mendatang. Apalagi kecenderungan bulan September dalam 2 tahun terakhir sebagai bulan koreksi.

Dalam kondisi seperti ini kita bisa saja untuk tidak fokus melakukan trading. Kalaupun trading lakukan dengan sabar atau gunakan strategi scalping memanfaatkan momentum harian dari saham saham yang on running. Scalping tidak diperuntukkan untuk pemula ya.

Secara teknikal hari ini index akan mencoba bergerak dalam rentang area 5188 – 5280. Index masih struggle untuk masuk kembali ke area MA20 di 5262 untuk menolak dead cross. Stoch walaupun kemarin terjun dibawah 50 hari ini akan mencoba kembali datangkan kekuatan buyer setelah muncul perlawanan dengan long wick di spinning top candlenya.

Beberapa saham yang bisa diperhatikan dan masuk watchlist hari ini adalah : BULL BRPT BBKP ACST WIKA SSIA INKP KBLF ERAA DOID AKRA MYOR ADRO INTP

Tone dan Manner Hari Ini : 4 Hari Terkoreksi, Bergantian Naik Turun Sektor. IHSG Jelang Dead Cross ?

Support – Resisten  :  5139 – 5280

Free Resources Belajar Saham Untuk Pemula

Tidak punya waktu banyak untuk belajar saham dan melakukan analisis saham ?

Kami berikan shortcut untuk para pemula secara mudah

  1. Download aplikasi TETRA SAHAM di https://onelink.to/tetrasaham
  2. Download ebook yang menjelaskan bagaimana bisa cuan dengan menggunakan aplikasi  TETRA SAHAM di https://rebrand.ly/cuanpakaitetra
  3. Tonton dua video ini sampai habis dan jangan ada satu menit pun  yang dilewatkan

Video 1 https://youtu.be/R4IZOhnfAwk

Video 2 https://youtu.be/ojTxa1fleis

#KalauGakCuanKebangetan #YangBelajarPastiCuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *